Nayla dan Naily Sukses Laksanakan English Habituation Program

Banjarnegara – Nayla Maulida dan Naily Nuril, keduanya siswi kelas 9C, sukses melaksanakan tugas sebagai pemandu dialog berbahasa Inggris di MTs Negeri 4 Banjarnegara pada Selasa, (24/1/2023).  Mereka mampu membawakan dialog-dialog berbahasa Inggris dengan sangat baik dan fasih.

English Habituation Program merupakan program pembiasaan Bahasa Inggris yang mulai dilaksanakan di MTsN 4 Banjarnegara awal semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Program tersebut dilaksanakan tiap hari Senin dan Selasa pagi, usai tadarus Al-Qur’an .

“Program ini dimaksudkan untuk melatih dan membiasakan seluruh siswa untuk mempraktikkan kemampuan berbicara bahasa Inggris,” ujar Sidik Wibowo Akhmad selaku kepala MTs Negeri 4 Banjarnegara saat diwawancarai oleh Tim Jurnalistik Membara terkait tujuan program tersebut.

“Jadi mereka tidak hanya sekadar belajar secara teori atau tertulis saja tapi sekaligus bisa menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan ringan sehari-hari,” lanjut Sidik Wibowo Akhmad.

Adapun wujud kegiatan pembiasaan tersebut dirancang oleh guru mata pelajaran bahasa Inggris di MTsN 4 Banjarnegara yaitu

Sapto Budihastuti dan Tri Yogi Budiwardani. English Habituation Program dilaksanakan secara bergiliran oleh dua orang siswa yang merupakan perwakilan tiap kelas. Mereka bertugas melakukan dialog bahasa Inggris singkat sederhana lewat pengeras suara lalu ditirukan oleh seluruh siswa.

“Mudah-mudahan dengan lebih seringnya siswa mendengar dan melakukan speaking selain akan meningkatkan kemampuan berbicara, sekaligus melatih kepercayaan diri para siswa dalam menggunakan bahasa Inggris, meskipun berupa dialog yang sederhana,” kata Sapto Budihastuti, guru bahasa Inggris sekaligus pembimbing program tersebut.

“Kami cukup merasa senang dan tertantang untuk melakukan tugas dialog ini, karena ini adalah tugas pertama yang kami lakukan,” ujar  Nayla saat dimintai tanggapannya atas tugas pertamanya.

Sementara itu, Naili yang merupakan partner Nayla, menyatakan bahwa ia cukup bangga bisa menjadi petugas kegiatan ini, meskipun awalnya ia sempat sedikit grogi. (sbh)

Bagikan :
Translate »