Partisipasi Madtsansa Terhadap Kegiatan Word Clean Up Day

Banjarnegara – Sabtu, (18/9/21) melalui surat edaran Kabupaten Banjarnegara, Madtsansa (MTs N 1 Banjarnegara) melaksanakan Program World Cleanup Day (WDC) dan Gerakan Pungut Sampah. WCD adalah sebuah gerakan bersih-bersih terbesar di dunia yang dilaksanakan serentak di 157 negara, salah satunya Indonesia.

Kegiatan World Cleanup Day dan gerakan pungut sampah di lingkungan Madtsansa diikuti oleh seluruh Guru, Pegawai dan siswa/siswi. Selanjutnya, siswa dibentuk menggunakan formasi tertentu agar seluruh lingkungan di sekitar madrasah menjadi asri, rapi, bersih dan indah. Selain siswa, terlihat para guru, karyawan, saling gotong royong dalam hal menvabut rumput liar, menyiram bunga, serta menata ruang taman sehingga terlihat indah.

Ketika dijumpai saat kegiatan Word Cleadn Up Day, Ibu Amri selalu pendidik Madtsansa tengah membersihakan taman dengan menyiram bunga-bunga hias. Beliau menyebut bahwa kegiatan Word Clean Up Day tidak harus dilaksanakan pada waktu tertentu, melainkan setiap hari.

“Lingkungan bersih membawa banyak manfaat terhadap masyarakat. Selain indah dipandang, lingkungan bersih berdampak positif buat kesehatan. Jika dilihat dari segi pendidikan, pastilah peserta didik menjadi betah saat pembelajaran di lingkungan Madrasah,” ungkap Amri.

Tidak hanya itu Kepala Madrasah, Eko Widodo mengatakan jika kegiatan Word Cleadn Up Day sebagai bentuk kampanye kepada masyarakat untuk bergerak menjaga lingkungan dari sampah plastik. Karena menjaga kebersihan bukan hanya tanggungjawan dari DLH sebagai dinas yang menangani sampah, tetapi merupakan tanggungjawab seluruh masyarakat dan keluarga Madtsansa.

“Kami ingin mengajak keluarga Madtsansa bergerak bersama-sama untuk memulai tidak membuang sampah sembarangan, memilah sampah sejak dari rumah, mulai berani memungut sampah yang ada dimanapun, kemudian bersama-sama menjaga bumi ini dan tidak menggunakan plastik,” katanya.

Pada dasarnya, World Cleanup Day WCD adalah aksi sosial global tahunan yang mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk turut membersihkan dan menjaga kebersihan bumi yang bertujuan untuk mengurangi masalah limbah. (ran/ak)