Pembuatan Film Edukasi, Strategi Penyuluhan Agama di Masa Pandemi

Banjarnegara – Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Agama Islam Kankemenag Kabupaten Banjarnegara melaksanakan rapat koordinasi bulan November di RM Jujugan Serayu Sigaluh, Kamis (04/11). Acara rutin yang diselenggarakan setiap bulan ini dihadiri 15 dari 18 orang Penyuluh Agama Islam Fungisonal (PAIF).

Hadir langsung pada acara ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, Agus Suryo Suripto. Dalam pembinaannya, Suryo menyoroti kinerja penyuluh di masa pandemi, dimana kegiatan tatap muka masih dibatasi.

“Tugas utama penyuluh adalah memberikan penyuluhan, sedangkan memberikan penyuluhan harus ada yang disuluh. Dimasa pandemi ini, dimana kegiatan tatap muka masih dibatasi, kinerja penyuluh harus jelas dan terukur. Anda semua harus merubah strategi kepenyuluhan, salah satunya memberikan penyuluhan lewat media social,” terangnya.

Selanjutnya Suryo memberikan arahan bahwa ada beberapa media dakwah yang efektif digunakan di masa pandemi salah satunya dengan pembuatan film edukasi. Suryo berharap bahwa penyuluh memproduksi film edukatif seperti halnya kepolisian yang sukses dengan tokoh “Pak Babin” nya.

“Di masa sekarang, hampir setiap orang memiliki android dan bisa dipastikan mengakses youtube. Film adalah salah satu media yang sangat efektif dalam menyampaikan pesan kepada audien jika dibuat menarik. Orang bisa dengan mudah mengakses video apapun di youtube termasuk film. Kita bisa melihat dan meniru kesuksesan video “Pak Babin” yang diproduksi oleh kepolisian, konsepnya ringan, pendek, tema-tema nya sederhana tapi pesannya mudah diterima oleh masyarakat. Saya melihat potensi Pokjaluh ke arah itu, oleh karenanya buatlah team kreator dan saya wajibkan memproduksi minimal dua film setiap bulan.” tegasnya.

Toto Subagyo selaku sekretaris Pokjaluh mewakili Ketua yang berhalangan hadir menyambut baik instruksi Kepala Kankemenag. “Kami merasa tertantang dan segera akan membentuk team kreator pembuatan film. Setelah team kreator nantinya terbentuk, segera kami mintakan surat tugas dari Kepala Kankemenag agar leluasa dalam melaksanan tugas ini,” pungkasnya (az/ak)