Penghimpunan Zakat Fitrah MIM Semampir Gandeng LAZISMU

Banjarnegara – Siswa/siswi MI Muhammadiyah Semampir mempraktekkan pelaksanaan zakat fitrah. Dengan didampingi guru kelas, panitia zakat fitrah melayani dan memandu jalannya penghimpunan zakat fitrah di MI Muhammadiyah Semampir pada Kamis, (6/5)

Panitia zakat fitrah yang terdiri dari siswa/siswi kelas atas  dengan tanggap mengarahkan, mencatat dan mendoakan siswa/siswi yang menyerahkan zakat fitrah. Kegiatan penghimpunan zakat fitrah siswa/siswi MI Muhammadiyah Semampir ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya dengan tujuan membangun pemahaman dan kesadaran akan pelaksanaan ibadah wajib bagi seorang muslim terkait pengamalan rukun Islam.

“Penghimpunan zakat fitrah siswa/siswi MI Muhammadiyah Semampir ini nantinya akan dibagikan kepada 8 asnaf yang ada di wilayah MI Muhammadiyah Semampir,” Kepala MI Muhammadiyah Semampir, Khusnul Hidayati.

Hal ini atas dasar surat edaran Pimpinan Wilayah Muhamadiyah Jawa Tengah nomor 004/II.0/K/2021 menyerukan Penghimpunan Zakat Fitrah agar disalurkan melalui Lazismu masing-masing Daerah, dan untuk pentasarufan / penyalurannya dikembalikan sepenuhnya kepada Masjid/Mushalla/AUM (Amal Usaha Muhammadiyah) asal dalam pendayagunaanya.

Khusnul menambahkan bahwa dalam pentasarufan Zakat Fitrah berkoordinasi dengan LAZISMU sebagai Lembaga resmi Muhammadiyah yang menangani dana zakat, infaq, wakaf dan dana kedermawanan lainnya yang nantinya pembagiannya diserahkan kembali ke Madrasah kami untuk kemudian kami salurkan kepada yang berhak menerima.

“Selain itu penghimpunan zakat fitrah ini kami melibatkan siswa/siswi MI Muhammadiyah Semampir sebagai panitianya harapan kami anak-anak mendapatkan pengalaman dan wawasan terkait pelaksanaan Zakat Fitrah,” imbuhnya.

Keceriaan nampak pada wajah siswa/siswi MI Muhammadiyah Semampir saat menyerahkan zakat fitrah untuk mensucikan jiwa menyempurnakan rangkaian ibadah saum Ramadhan tahun ini.

Muhammad Alfatir SN selaku siswa MI Muhammadiyah Semampir yang ditugasi sebagai ketua Penghimpunan Zakat Fitrah MI Muhamadiyah Semampir menyatakan senang bisa ikut tergabung untuk mengumpulkan dan menyalurkan Zakat fitrah. “Ada pengalaman baru menjadi panitia Penghimpunan zakat fitrah dan menambah kesadran bagi kami untuk menunaikan zakat fitrah yang merupakan salah satu dari rukun Islam,” ungkapnya. (RPS/mnh)