Psikolog Goes to School Metrobara

Banjarnegara – Dalam rangka turba ke sekolah-sekolah, Ikatan Psikolog Klinis (IPK) menyambangi siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Banjarnegara (Metrobara). Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan motivasi belajar. Tema kegiatan ini yaitu Saya Remaja Sehat Bersemangat.

Muh. Ibnu Sina Psikolog dari RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara pada Sabtu (25/7), menjelaskan terkait dengan kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini dalam rangka IPK Goes to School Divisi Pengabdian Masyarakat dan jatuh pilihan di  MTs Negeri 2 Banjarnegara yang kebetulan siswa kelas VII baru saja selesai melaksanakan kegiatan Matsama (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) sehingga ini sangat tepat agar anak dapat menata diri sejak awal.” ucapnya.

Wakil kepala madrasah urusan kesiswaan Nur Farida juga menjelaskan terkait kegiatan tersebut. Kegiatan motivasi belajar ini disampaikan di awal Tahun Pelajaran ini sangat tepat momennya karena siswa baru akan memulai kegiatan pembelajaran dengan aktif di pekan ke dua setelah sebelumnya mengikuti kegiatan Matsama.

“Kami mengharapkan apa yang disampaikan oleh Psikolog dari RSUD Banjarnegara ini akan menambah semangat belajar para peserta didik baru sehingga mereka akan dapat menyiapkan diri untuk menimba ilmu di MTs Negeri 2 Banjarnegara dengan antusias dan semangat yang tinggi. Di tengah kegalauan para peserta didik yang baru akan masuk ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi setelah menyelesaikan jenjang pendidikan sekolah dasar, berkumpul, dan bertemu dengan orang-orang baru tentu tidak sedikit dari mereka yang memiliki kekhawatiran dan kecemasan tidak memiliki teman akrab ataupun memiliki teman baru,” jelasnya

Lebih lanjut farida menjelaskan bahwa dengan kehadiran Psikolog Ibnu Sina yang mengisi kegiatan motivasi ini dengan akrab, santai, dan menyenangkan ini akan semakin membuat rasa percaya diri anak semakin kuat dan siswa baru akan dapat beradaptasi dengan lingkungan baru dengan  nyaman. Hampir seluruh siswa mengikuti kegiatan ini dengan serius dan tenang, ada kalanya mereka tertawa bahkan tergelak dengan apa yang disampaikan oleh narasumber karena kemungkinan mereka merasakan hal yang disampaikan sesuai dengan yang mereka alami.” jelasnya setelah selesai mendampingi siswa.

Salah seorang peserta didik Desta Rima Salsabilla lulusan dari SD Negeri 1 Prigi yang mengikuti acara tersebut, mengaku senang dan menikmati kegiatan tersebut.

“Bagi kami, narasumber sangat asyik dalam menyampaikan materi, sehingga kami semua  dibuat terpingkal-pingkal dan yang paling mengherankan kami semua seakan terhipnotis dengan instruksi yang beliau sampaikan karena kami semua mengikuti apa yang dikatakan.” ucapnya sambil tertawa.

Lain halnya dengan apa yang disampaikan oleh Gryselda Denia siswa alumni dari MI Al Falah  Joyokusumo.

“Tidak ada hal yang terlewat, apa saja diikuti oleh semua peserta sehingga kami seolah-olah dalam keadaan terbius, sepertinya beliau tahu apa yang kita alami dan apa yang kita lakukan. Ini sangat menarik dan menyenangkan.” pungkasnya. (nf/swp)

Bagikan :
Translate »