Santri Ponpes Daarul Falaah MTs Muhammadiyah Merden Adakan Kegiatan Tasyji’ Lughoh

Banjarnegara – Dalam upaya meningkatkan kemampuan berbahasa Arab para santri, Unit bahasa, musyrif dan segenap pengurus Pondok Pesantren Modern Daarul Falaah MTs Muhammadiyah Merden mengadakan kegiatan Tasyji’ lughoh yang bertepatan dengan masa cuti Maulid Nabi Muhammad SAW (20/10). Acara dilaksanakan di Masjid Daarul Falaah dan diikuti oleh seluruh santri baik putra maupun putri.

Kegiatan diisi oleh Citra Putra Raharjo selaku ustad di Pondok Daarul Falaah. Rangkaian kegiatan dimulai dengan pembukaan dan sedikit tausyiah, kemudian dilanjutkan dengan materi klasikal, lalu murojaah dan yang terakhir diakhiri dengan penutup. Proses pembelajaran dilaksanakan secara berkelompok, santri duduk melingkar sesuai dengan kelasnya masing-masing. Setelah itu setiap santri memegang dan menghafalkan kertas yang berisi materi Tasyji’ Lughoh.

Kebanyakan santri merasa senang selama berlangsungnya kegiatan. “kegiatan terasa menyenangkan, saya bisa bisa berkumpul bersama teman-teman semua. Sehingga menambah rasa kekeluargaan dan kebersamaan,” ujar Arlita Ifa Lubana, salah satu siswa Ponpes Daarul Falaah.

Selain itu, Nurul Fatimah mengatakan harapan atas dilaksanakannya kegiatan tersebut “harapan saya semoga acara Tasyji’ Lughoh dapat dilaksanakan kembali, kalau bisa dilaksanakan secara rutin. Karena dengan adanya kegiatan tersebut dapat menambah pengetahuan dan kemampuan berbahasa arab saya, khususnya dalam hal kosa kata,” pungkasnya. (rks/ak)