Semangat Belajar Bersama: Guru MTs Al Hidayah Twelagiri Amati Platform Web Pendukung Kurikulum Merdeka

Banjarnegara – Guru MTs Al Hidayah Twelagiri di Kabupaten Banjarnegara tampak semangat dalam mempelajari platform web pendukung Kurikulum Merdeka. Dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Wakil Kepala Urusan Kurikulum, Sulistiyowati. Para guru bersama-sama belajar menggunakan media belajar yang telah disediakan pemerintah guna memaksimalkan penerapan Kurikulum Merdeka yang lebih efisien. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Laboratorium Komputer MTs Al Hidayah Twelagiri. (21/6)

Sulistiyowati selaku Waka Kurikulum MTs Al Hidayah Twelagiri menganggap penting dan perlu diadakan belajar bersama mengenai platform mengenai kurikulum merdeka ini.

“Kegiatan ini penting diadakan karena pemerintah sudah menyediakan media belajar mengenai kurikulum merdeka, kita sebisa mungkin memaksimalkan media belajar tersebut sehingga penerapan Kurikulum Merdeka bisa lebih efisien,” ungkap Sulistiyowati, Wakil Kepala Urusan Kurikulum.

Selain itu Muh Zaenudin selaku kepala madrasah juga mendukung dan menganggap penting dilaksanakannya kegiatan tersebut.

“Walaupun kami masih belum paham utuh mengenai Kurikulum Merdeka, tapi kami punya semangat untuk mempelajari secara utuh berbagai hal mengenai kurikulum tersebut. Salah satunya adalah kegiatan belajar bersama platform mengenai kurikulum merdeka yang sudah disediakan pemerintah,” jelas Muh. Zaenudin, kepala MTs Al Hidayah Twelagiri.

Muh. Zaenudin juga berharap bahwa dengan konsep belajar bersama, proses pembelajaran Kurikulum Merdeka di MTs Al Hidayah Twelagiri dapat menjadi lebih terbuka.

“Harapannya dengan konsep belajar bersama, maka proses kami mempelajari Kurikulum Merdeka bisa lebih terbuka dan dapat memunculkan ide, saran, pendapat ataupun permasalahan yang mungkin akan kita jumpai. Sehingga ketika waktu penerapan kurikulum tersebut bisa lebih membumi dengan keadaan madrasah kami,” tambahnya.

Pada Kegiatan kali ini Maula Ash Shidieqy bertindak sebagai tentor. Proses belajar dimulai dengan menggali informasi tentang Kurikulum Merdeka melalui situs web resmi Kurikulum Kemdikbud. Kemudian, guru-guru diperkenalkan dengan web Implementasi Kurikulum Merdeka, di mana mereka dapat mempelajari secara lebih mendalam konsep dan metode yang harus diadopsi.

Dalam diskusi-diskusi yang diadakan, guru-guru MTs Al Hidayah Twelagiri berharap dapat mengemukakan ide, saran, pendapat, serta mengidentifikasi permasalahan yang mungkin dihadapi.

“Kami berharap melalui diskusi ini, kami dapat memunculkan ide-ide kreatif dan pemikiran inovatif dalam penerapan Kurikulum Merdeka di madrasah kami. Pendapat dan saran dari semua pihak sangat berharga dalam merancang langkah-langkah yang sesuai dengan kebutuhan siswa,” ungkap Esti Kristinawati salah satu guru MTs Al Hidayah Twelagiri.

Dengan semangat dan usaha keras, para guru MTs Al Hidayah Twelagiri berharap dapat membawa perubahan positif dalam pendidikan dengan mengadopsi Kurikulum Merdeka yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan para siswa.