Siswa MIC 02 Badamita Semarakkan Khotmil Quran Masjid Baiturrahim Badamita

Banjarnegara – Salah satu amalan mulia di bulan Ramadhan adalah membaca Al Qur’an. Membaca Al Qur’an menjadi salah satu amalan untuk mendekatkan diri kepada sang khalik. Membaca Al Qur’an memiliki keutamaan yang besar, seperti yang tercantum dalam Al Qur’an dan juga diriwayatkan dalam banyak Hadist.

Setelah melakukan tadarus Al Qur’an di bulan Ramadhan, tibalah malam ini Kamis, (6/5) bertepatan dengan 24 Ramadhan 1442 H, di Masjid Baiturrahim adakan acara khotmil Qur’an. Acara Khotmil Qur’an ini dihadiri oleh takmir masjid, ustad ustadzah, anak-anak TPQ termasuk anak MI Cokroaminoto Badamita yang berdomisili dekat masjid beserta orangtua.

Muhammad Khasani selaku Imam Masjid Baiturrahim mengajak jamaah yang hadir untuk bersama-sama membaca tawasul terlebih dahulu. “Pertama, Marilah kita bersama-sama membaca tawasul yang ditujukan kepada Rasulullah SAW, keluarga dan para sahabatnya. Kedua, membaca tawasul kepada nabi terdahulu, ulama-ulama, dan para ahli kubur,” ucapnya.

Selanjutnya, Muhammad Khasani mempersilakan anak-anak untuk membaca 22 surah terakhir dalam Al Qur’an yang dimulai dari Surah Ad-Dhuha dan diakhiri dengan surah An-Naas sesuai dengan tugas yang dibagikan sebelumnya. “Silahkan anak-anak untuk membaca suratan yang sudah dijatahkan dan sudah dipersiapkan sebelumnya,” imbuhnya.

Pada setiap pergantian pembacaan surah membaca kalimat “Lailahaillallah huallohuakbar” “Wa tammat kalimatu rabbika sidqaw wa “adlaa, laa mubaddila likalimaatih, wa huwas-samii’ul-‘aliim” diiringi dengan tabuhan bedug masjid yang menambah semarak acara khotmil Qur’an. Sejenak jamaah yang hadir terhipnotis dengan suasana yang ada dan melupakan pandemi.

Terakhir Muhammad Khasani memimpin pembacaan doa Khatam Al Qur’an, dengan di-Aamin-kan para jamaah. “Sebelum acara diakhiri marilah kita bersama-sama berdoa dengan bacaan doa khotmil Qur’an,“ pungkasnya.

Selesai pembacaan doa khotmil Qur’an, panitia takmir masjid membagikan nasi bungkus kepada para jamaah. Jamaah sangat antusias terutama anak-anak. “Alhamdulillah acara sudah selesai, walaupun tadi sempat gugup ketika membaca suratan. Semoga tahun depan ada acara seperti ini lagi dan semoga pandemi sudah berlalu,” harap Nurmala salah satu siswa MI Cokroaminoto 02 Badamita. (swy/ak)