Siswa MTs N 3 Banjarnegara Raih Prestasi Dalam KOMBANAS

Banjarnegara – Kompetisi Bahasa Arab Nasional (KOMBANAS) merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (F-MGMP) Bahasa Arab se-Indonesia. KOMBANAS ini diselenggarakan selain sebagai syiar Bahasa Arab di Indonesia, juga bagian dari upaya untuk mempererat ukhuwah islamiyah-wathaniyah, membentuk rasa percaya diri dengan bahasa Arab, dan meningkatkan kemampuan pengajar dan pelajar bahasa Arab di Indonesia. Dalam pelaksanaanya, KOMBANAS di bagi kedalam tiga tahap yang pertama tahap seleksi tingkat Kabupaten/Kota, kedua seleksi tingkat Provinsi, dan ketiga seleksi tingkat Nasional.

Seleksi KOMBANAS tingkat Kabupaten/Kota diselanggarakan secara virtual pada hari Sabtu (4/9/2021). Dalam kompetisi tersebut siswa MTs Negeri 3 Banjarnegara berhasil meraih prestasi Juara III yang diraih oleh ananda Adelia Rahmawati dan Juara harapan II diraih oleh ananda Luke Lutfiana, hal tersebut merupakan kebanggaan bagi madrasah, dan sebagai pemacu dalam belajar siswa agar lebih baik kedepanya dan sebagai motivasi kepada siswa lain agar giat dalam belajar. Sabtu (11/9).

H. Muh. Sidik kepala MTs Negeri 3 Banjarnegara mengungkapkan kebangganya atas keberhasialan ini. “Saya selaku kepala madrasah mengucapkan selamat kepada siswa MTs Negeri 3 Banjarnegara atas prestasinya dan tidak lupa kepada guru pembimbing yang telah berjuang membimbing dan mendampingi,” ucapnya.

“Semoga kedepanya siswa MTs Negeri 3 Banjarnegara bisa semakin banyak meraih prestsi di dalam kompetisi-kompetisi yang akan datang walaupun di masa pandemi seperti ini tidak menutup kesempatan untuk mengukir prestasi,” imbuhnya

Isti’anah Hairiyah selaku guru pembimbing menyampaikan selamat kepada para pemenang. “Selamat kepada Luke dan Adelia atas prestasinya dan semoga kedepanya siswa madrasah dapat meraih banyak prestasi dari berbagai kompetisi yang di ikuti nantinya,” ucapnya.

Tentu kompetisi seperti ini akan menghidupkan semangat belajar siswa-siswa untuk mampu menguasai bahasa asing. Karena kemampuan berbahasa asing menjadi salah satu bagian penting untuk kemajuan bangsa. Dengan prestasi yang diraih oleh siswa semoga dapat memberi motivasi kepada siswa lainya agar terus giat belajar guna meraih prestasi dan pada ahirnya dapat mencapai tujuan dari cita-citanya. (ar/ak).