Sosialisasi UM MTsN 3 Banjarnegara, Peran Orang Tua Penting

Banjarnegara – Menjelang Ujian Madrasah MTs Negeri 3 Banjarnegara melakasanakan Sosialisasi ujian Madrasah kepada wali murid kelas IX. Kegiatan sosialisasi  dilakasanakan di aula MTs Negeri 3 Banjarnegara selama 2 hari (24-25/3) dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan. Acara sosialisasi tersebut juga di hadiri juga H.Mahful dan Kyai Akhmad Nurkhalim selaku komite madrasah.

Acara diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan ayat suci Al-Qur'an (Zaenul Anafi), dan penampilan Murottal  Al-Qur’an siswa-siswi Full Day School kelas VIII. Pembacaan do’a oleh Kyai Akhmad Nurkhalim dengan harapan acara berjalan dengan lancer dan semua di beri kesehatan dan keselamatan.

Kepala madrasah H. Muhammad Sidik, M.A. dalam sambutanya mengatakan bahwa para bapak ibu wali murid di harapkan dapat selalu memantau dan mendampingi anaknya dalam  pembelajaran daring.

“Dalam situasi pandemi, pembelajaran daring sangat perlu peran orang tua dalam memantau anaknya, karena banyak kasus-kasus umum yang terjadi ketika anak dalam pembelajaran daring tidak di pantau oleh orang tua anak tersebut ahirnya menyepelekan materi yang di sampaikan oleh para guru dan ketika diadakanya penilaian nilainya di bawah rata-rata,”  ungkapnya.

Terlebih lagi sebentar lagi anak bapak ibu akan menghadapi ujian madrasah selain memantau dan mendampingi juga memberi support kepada anaknya agar giat dalam belajar guna menghadapi ujian madrasah, lanjutnya.

Waka Kurikulum, Akhun Sobari, menerangkan bahwasannya POS UM nomor: 752 tentang Prosedur Operasional Standar penyelengaraan ujian madrasah tahun pelajaran 2020/2021, mensyaratkan terdaftar peserta MTs, memiliki NISN, mempunyai nilai raport lengkap semester 1-5. Adapun bentuk ujian yaitu tulis, praktek, penugasan, dan portopolio.

“Metode pelaksanaan UM diantaranya daring atau tatap muka sesuai daerah dan UMBK-UNKP,sedangkan kriteria kelulusan diantaranya menyelesaikan seluruh program madrasah, nilai sikap baik, mengikuti ujian, nilai raport 1-6 nilai ujian 40%,” terangnya.

Lanjutnya UM akan dilaksanakan 29 Maret – 7 April 2021, sebelumnya dibagi kartu peserta kelas IX A,B,C (26/M) dan kelas IX D,E (27/3).

“UM dilaksanakan secara online atau daring, dan bagi siswa atau orang tuanya tidak memiliki HP dari pihak MTs menyediakan soal print out yang bisa di ambil di MTs dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan, dengan demikian di harapkan bapak ibu wali murid dapat memantau anaknya dalam melaksanakan Ujian Madrasah nanti,” imbuhnya.

H. Mahful menyatakan, di masa pandemi ini, peran orang tua sangat penting guna memantau anaknya dalam melaksanakan pembelajaran daring di rumah, termasuk saat Ujian Madrasah. Orang tua dan anak harus aktif menjalin komunikasi  perihal dalam pendidikan anaknya karena peran guru saja kurang lengkap tanpa adanya dukungan dari orang tua, pungkasnya (ar/mnh)