Sukses Laksanakan AKMI 2022 Di Hari Akhir, MTs Negeri 2 Banjarnegara Siap Evaluasi Diri Madrasah

Banjarnegara-Pelaksanaan AKMI atau Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia  yang diadakan oleh MTs Negeri 2 Banjarnegara pada Sabtu s.d Rabu (24 s.d 28 September 2022) berjalan lancar. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa Kelas VIII yang berjumlah 324 peserta.

AKMI merupakan sebuah  evaluasi oleh Kementerian Agama RI untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah dalam literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi sosial budaya. Asesmen ini akan menjadi acuan seorang pendidik untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Pelaksanaan AKMI ini dipandu oleh satu teknisi Syarif Ahmad dan empat orang Proktor yaitu Hengk Febrianto, Mujib Abdillah, Eko Riskiyanto, dan Kholidun. Selain itu, setiap ruangan juga didampingi oleh 4 orang pengawas antara lain Endah Wahyuningsih, Supriyono, Muh. Hidayat Abdulloh, dan Dwi Widiyastuti. 

Mereka mendampingi para peserta didik pada saat login hingga selesai mengerjakan soal asesmen tersebut. Dalam mengerjakan soal, para peserta didik sangat antusias meskipun sempat susah untuk login ke aplikasi. Namun hal tersebut mampu di antisipasi oleh Proktor dan pengawas ruangan, sehingga pelaksanaan AKMI ini berjalan dengan lancar. 

“Alhamdulillah AKMI berjalan dengan sukses walaupun ada sedikit trobel kecil bisa segera diatasi saat peserta didik akan login maupun keluar aplikasi, “ujar,”ujar Syarif Ahmad selaku teknisi.

Ratna Ayu Kartika Wulan berharap dengan adanya AKMI ini menjadi salah satu bentuk evaluasi bagi madrasah untuk mengukur kemampuan literasi peserta didik  MTs Negeri 2 Banjarnegara. Selain itu, dengan adanya AKMI diharapkan para peserta didik terbiasa untuk membudayakan literasi di Madrasah.

“AKMI menjadi salah satu bentuk evaluasi bagi madrasah untuk mengukur kemampuan literasi pada peserta didik dan terbiasa membudidayakan literasinya di MTs Negeri 2 Banjarnegara,” pungkas Kepala Madrasah.(en)

Bagikan :
Translate »