Terapkan Kurikulum Merdeka, MTs Negeri 3 Banjarnegara Laksanakan IHT

Banjarnegara-Dalam rangka menyambut kurikulum baru MTs Negeri 3 Banjarnegara menyelenggarakan In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka yang dilaksanakan selama 2 hari, dimulai pada tanggal 15-16 Juli 2022. Acara yang di ikuti oleh segenap dewan guru tersebut dilaksanakan diruang kelas Full Day School (FDS) dengan menghadirkan narasumber Prihantoro seorang pengawas SMP dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Banyumas. Pada pembukaan acara hadir pula pada Karyono selaku Kasi Penma, Sabtu (16/07).

Acara ini merupakan persiapan menuju pemberlakuan kurikulum merdeka di tahun ajaran baru mendatang. Materi IHT : 1. Penjelasan KTSP dan KOSP 2. Implementasi Kurikulum Merdeka 3. Pengenalan dan Penyusunan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) 4. Pengenalan dan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka 5. Prosedur Pembuatan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) 6. Prosedur Pembuatan Modul Ajar 7. Prosedur Pembuatan Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Natir, selaku kepala MTs Negeri 3 Banjarnegara dalam sambutannya menjelaskan tujuan dari diadakannya IHT. “Melalui IHT ini bapak dan ibu guru diharapkan dapat lebih memahami tentang apa itu kurikulum merdeka dan cara pengimplementasiannya. Sehingga dalam penerapannya nanti dapat berjalan dengan lancer,” jelasnya.

“Penerapan Kurikulum Merdeka di MTs Negeri 3 Banjarnegara akan dilaksanakan secara bertahap dan untuk tahun pembelajaran 2022/2023 penerapan Kurikulum Merdeka terlebih dahulu akan diterapkan pada kelas VII,” tambahnya.

Prihantoro, menjelaskan tujuan implementasi merdeka belajar. ”Tujuan umum dari implementasi merdeka belajar dalam penyusunan perangkat pembelajaran adalah meningkatkan kompetensi peserta didik melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan program dan kebijakan merdeka belajar. Adapun prinsip kurikulum merdeka yaitu bertahap, kemerdekaan, dukungan, berbagi, dan kolaborasi,” jelasnya.

Prihantoro berharap program In House Training: Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Negeri 3 Banjarnegara ini dapat memberikan wawasan terkait kurikulum merdeka serta meningkatkan kesiapan guru dalam menyambut penerapan Kurikulum Merdeka di tahun ajaran baru. (ar/ak).

Bagikan :
Translate »