Tingkatkan Motivasi Siswa, PAIF Madukara Gelar BRUS

Banjarnegara – Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kecamatan Madukara  bekerja sama dengan MTs Cokroaminoto Dawuhan Kecamatan Madukara menyelenggarakan Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS), Sabtu, (13/11/2021)

Kegiatan  ini mengangkat tema belajar dengan aman di masa pandemi. Kegiatan dimaksudkan untuk memotivasi siswa untul lebih giat dalam belajar walaupun di masa pandemi. Kegiatan dipusatkan di halaman sekolah dengan konsep sederhana tanpa mengurangi esensi dan maksud kegiatan. Hadir pada kegiatan tersebut Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kecamatan Madukara, Akhmad Khozin, Kepala MTs Cokroaminoto Dawuhan Madukara, Tutut Widiasih, Pembina Pramuka, Guru – guru sivitas akademika MTs Cokroaminoto Dawuhan Madukara, serta 150 siswa.

Dalam sambutan pengarahan, Tutut Widiasih menyampaikan bahwa sejak didirikan pada 15 Juli 1989, MTs Cokroaminoto Madukara telah ikut berkontribusi dalam penyiapan generasi muda yang unggul. “Sejak didirikan pada tahun 1989, MTs Cokroaminoto Madukara menjadi salah satu lembaga pendidikan dari lima pendidikan setingkat SMP/MTs Negeri/swasta di wilayah Kecamatan Madukara dan telah menamatkan ribuan alumni yang tersebar di berbagai pelosok Indonesia,” katanya.

Masih menurut Tutut, banyak alumni dari MTs Cokroaminoto yang tersebar di wilayah Banjarnegara dan menjadi orang yang sukses. “Khusus di Kabupaten Banjarnegara banyak alumni yang saat ini sukses pada bidang pekerjaan masing-masing (PNS, pegawai swasta, guru/ustadz wiraswasta dan lainnya) ini membuktikan MTs Cokroaminoto Madukara sudah berkontribusi besar khususnya dalam penyiapan generasi unggul, melalui kegiatan ini kita harapkan akan memperbesar kontibusi dengan penyiapan generasi unggul,” tambahnya.

Sementara Akhmad Khozin memaparkan tujuan dilaksanakan kegiatan bimbingan remaja usia sekolah adalah untuk memotifasi siswa atau remaja usia sekolah agar lebih semangat belajar di masa pandemi dan menumbuhkan jiwa kepedulian siswa terhadap masyarakat. Selain itu juga meningkatkan sinergitas antara Penyuluh Agama Islam Fungsional dengan lintas sektoral di Madukara dalam pelayanan kepada masyarakat termasuk siswa atau remaja serta membiasakan melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaan.

“Harapan kami tentunya bisa membantu memotivasi anak – anak kita dalam belajar. Selain itu dalam rangka usaha peningkatan kerjasama lintas sektoral dalam pelayanan,” terang Akhmad Khozin.

Akhmad Khozin menambahkan dalam motivasinya terhadap siswa, bahwa ada enam syarat dalam memperoleh ilmu. “Ada enam syarat untuk memperoleh ilmu, Pertama ada kemauan, ada kecerdasan, ada kesabaran, bekal dan waktu yang lama,” tambahnya.

Rangkaian kegiatan bimbingan remaja usia sekolah dilanjutkan dengan pemilihan ketua OsiM MTs Cokroaminoto Madukara diakhiri dengan doa. (aho/ak)