Tumbuhkan Minat Baca dan Literasi, Matsaka Gandeng Perpusda Banjarnegara

Banjarnegara – Program literasi membaca dengan Perpustakaan Daerah Banjarnegara diikuti serentak oleh kelas VII disela-sela jam istirahat, siswa dengan didampingi oleh pembina perpustakaan Daarul Kutub MTs Ma’arif NU 01 Susukan, Ragil Septiana yang ditugaskan menemani pelaksanaan literasi dari Perpusda yaitu Naraswari dan Fatimah. Pelaksanaannya berlangsung selama kurang lebih 1 jam. Gerakan ini bertujuan untuk membiasakan budaya baca peserta didik di MTs Ma’arif NU 01 Susukan. Rabu (26/7)

Ditemui tim media Matsaka M .Nur Imam Fathoni sangat senang dengan diadakannya kegiatan literasi. “Harapan kami agar anak-anak terbiasa membaca buku. Buku apa saja yang bermanfaat untuk siswa. Mereka boleh membaca buku fiksi maupun non fiksi,” jelas Kamad Matsaka.

Sementara itu siswa terlihat asyik membaca buku di halaman madrasah. Meraka senang membaca buku cerita. Namun ada juga membaca buku sejarah dan pengetahuan umum.

Khalisa Naura misalnya, siswa kelas VII A ini terlihat asyik membaca buku komik karena ceritanya asyik dan menyenangkan.

Literasi dengan Perpustakaan Daerah Banjarnegara pertama kali diadakan antusias dari siswa sangat bagus. Siswa juga terlihat banyak mengunjungi stand mobil perpustakaan keliling.

Naraswari, pustakawan Perpusda Banjarnegara menuturkan bahwa tujuan diadakannya literasi ini untuk mempermudah siswa dalam membaca buku, dan menjangkau siswa dengan adanya perpustakaan keliling ini

“Untuk kelancaran program Literasi Membaca perpusda kabupaten Banjarnegara menyediakan buku kurang lebih sebanyak 2.000 judul buku. Terdiri dari buku fiksi, non fiksi, buku referensi dan buku mata pelajaran,” ucapnya

“Semoga Madrasah semakin baik dan terus maju dengan adanya kegiatan literasi ini siswa dapat menyalurkan hobi membacanya,” tambahnya

Naraswati menambahkan bahwa membaca adalah pintu cakrawala dunia. Maka bacalah buku sebanyak banyaknya dunia akan dalam genggaman. (nth)