TKD MIN 1 Banjarnegara

Ukur Kemampuan Calon Siswa, MIN 1 Banjarnegara Adakan TKD

Banjarnegara – MIN 1 Banjarnegara mengadakan Tes Kemampuan Dasar (TKD) dalam rangka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun pelajaran 2021-2022 pada hari Kamis, (8/7) pukul 08.00 s/d 11.30 wib di ruang kelas MIN 1 Banjarnegara. Kegiatan ini di ikuti oleh 62 peserta dari berbagai alumni TK, BA, RA.

TKD ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat karena masih pada masa pandemi Covid 19. Peserta wajib mematuhi protocol kesehatan, yaitu wajib memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, pengukuran suhu dan menjaga jarak antar peserta pada saat masuk dan tes.

Pelaksanaan TKD menggunakan 2 sesi guna mengurangi kerumunan. Sesi yang pertama pada pukul 08.00-09.30 wib dengan peserta no urut pendaftaran 1 s/d 31. Sesi yang ke dua pada pukul 10.00 s/d 11.30 wib dengan peserta no urut pendaftaran 32 s/d 62.

Kepala MIN 1 Banjarnegara, Tuslam menjelaskan bahwa TKD ini bertujuan untuk memetakan kemampuan peserta didik baru. Hasil tes menjadi acuan informasi untuk memperoleh data kemampuan calon peserta didik dalam hal kemampuan dasar membaca, menulis, dan berhitung (Calistung).

“Saya berharap dengan pelaksanaan TKD ini, kami dari Madrasah mampu memetakan kemampuan calon peserta didik menurut kemampuan mereka, sehingga dalam pembagian siswa per kelas bisa merata dan seimbang dari sisi kemampuan dasar, guna menentukan program pembinaan dalam proses pembelajaran,” jelasnya.

Pelaksanaan TKD berjalan lancar, aman, dan tertib dari pendaftar yang berjumlah 62 peserta, 58 siswa dinyatakan lolos seleksi. Dua peserta dinyatakan tidak lolos seleksi karena umur yang belum mencukupi kurang dari 6 tahun).

Ketua panitia seleksi Galuh Sindhu Permana menyatakan bahwa kegiatan ini adalah upaya untuk menjaga kwalitas dan mutu Madrasah agar kedepan kwaitas alumni Madrasah memiliki kompetensi yang mampu bersaing dengan Madrasah maupun Sekolah lainnya.

“Kami atas nama panitia seleksi mengucapkan terima kasih kepada segenap penguji yang sudah bekerja keras menyeleksi calon peserta didik dengan penuh seksama, dan kepada segenap petugas yang sudah ikut berperan aktif dalam pelaksanaan TKD ini,” ucapnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan evaluasi oleh panitia yang hasilnya menjadi sebuah keputusan untuk diumumkan kepada wali murid melalui surat keputusan Kepala Madrasah tentang penerimaan peserta didik baru. (sw/ak)