Upacara Harkitnas Virtual MTs Negeri 3 Banjarnegara

Banjarnegara – Setiap tahun pada 20 Mei, Indonesia selalu memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Pada Mei tahun ini merupakan peringatan Harkitnas yang 113 tahun dan jatuh pada Kamis (20/5/2021). Harkitnasi ditetapkan oleh Presiden Soekarno sejak 1948. Tanggal 20 Mei dipilih karena bertepatan dengan tanggal berdirinya Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908.

Di masa pandemi yang belum usai, Guru dan karyawan MTs Negeri 3 Banjarnegara mengikuti upacara Hari Kebangkitan Nasional dengan cara Virtual di aula gedung MTs Negeri 3 Banjarnegara. Kegiatan tersebut sebagai wujud guru dan karyawan MTs Negeri 3 Banjarnegara ikut serta dalam pemperingati Hari kebangiktan Nasional dan sekaligus sebagai wujud rasa Nasionalisme bagi setiap pribadi guna memperkuat kepribadian bangsa, mempertebal harga diri dan kebanggaan terhadap Tanah Air, serta mempertahankan semangat persatuan dan kesatuan. Kamis (20/5).

Kepala MTs Negeri 3 Banjarnegara H. Muh. Sidiq, menyampaikan “Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2021  “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh” menjadi tema Harkitnas tahun ini.

“Tema tersebut memiliki makna bahwa semangat kebangkitan nasional mengajarkan semua orang agar selalu optimis menghadapi segala tantangan dan persoalan sebagai penerus bangsa. Di masa pandemi seperti ini merupakan tantangan besar bagi guru-guru dimana pembelajaran tatap muka sementara belum bisa dilaksanakan tetapi tidak seharusnya kita sebagai guru berputus asa dalam mencerdaskan anak bangsa karena siswa-siswi itu yang nantinya sebagai generasi penerus kita di masa depan,” jelasnya

“Jadikan momen hari kebangkitan Nasional sebagai wujud untuk selalu optimis dan sebagai bentuk nasionalisme, khususnya di dalam dunia pendidikan sehingga nantinya generasi penerus bangsa tetap memiliki rasa Nasionalisme dan rasa cinta kepada tanah air dan dapat tercapainya persatuan yang kuat karena dalam dirinya memiliki jiwa nasionalisme sehingga tidak menjadi bangsa yang mudah di pecah belah,” imbuhnya.

Ahun Sobari, sebagai Waka Kurikulum menyampaikan kegiatan guru dan karyawan MTs Negeri 3 banjarnegara dalam mengikuti upacara Hari Kebangkitan Nasional merupakan salah satu wujud nasionalisme. “Peringatan Harkitnas tentu akan menjadi kita mencintai tanah air dan sebagai sarana memupuk diri dan membangkitkan rasa Nasionalisme dalam setiap pribadi. Walaupun upacara di ikuti secara Virtual tetapi tidak mengurangi esensi acara tersebut, melainkan sebagai salah satu bentuk wujud persatuan dimana tidak bisa berkumpul di satu tempat dalam pelaksanaan upacara tetapi bisa di satukan dengan adanya teknologi sehingga dimanapun kita berada tetap bisa menyaksikan dan ikut serta dalam upacara Hari Kebangkitan Nasional ini melalui Virtual yang di tayangkan oleh Kominfo,” tutupnya.

Pada momen hari kebangkitan nasional ini mari bersama-sama tingkatkan rasa Nasionalisme dalam diri, tanamkan rasa memiliki, rasa berkewajiban menjaga persatuan bangsa sehingga tidak menjadi bangsa yang mudah di adu domba dan di pecah oleh bangsa lain. Kita merupakan bangsa yang besar yang berdiri melalui perjuangan yang luar biasa dan dapat bersatu diantara perbedaan suku, ras dan agama, oleh karena itu mari kita bangkit bersama jaga persatuan ini demi generasi masa depan. (ar/ak).