Banjarnegara – Visitasi AKMI di lakukan untuk penyelenggaraan perbaikan pembelajaran dalam penguatan kompetensi literasi membaca, numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya jenjang MI. Hasil AKMI dapat digunakan untuk menjadi data diagnostik sebagai tindak lanjut perbaikan mutu pembelajaran di madrasah. Aasesmen yang dilakukan pada peserta didik madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter.
Kegiatan Visitasi AKMI di MI Cokroaminoto 02 Bondolharjo dilaksanakan pada hari Kamis, 24 November 2022 mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.00 wib.
“Hasil asesmen dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran,” ujar mokh. Basuki selaku Kepala Madrasah
Dari hasil AKMI yang diperoleh Peserta didik MI Cokroaminoto 02 Bondolharjo secara keseluruhan diperoleh hasil untuk bidang literasi sains, membaca dan numerasi, berada diatas 60% dan untuk bidang sosial budaya berada di atas 70%.Hasil keseluruhan yang diperoleh, peserta didik berada pada level CAKAP yang artinya peserta didik sudah mampu untuk membuat interpretasi dan kesimpulan dari beberapa informasi dan permasalahan.
Hj. Sriwi Rahayu, S.Pd.I. M.Pd selaku Visitor AKMI di MI Cokroaminoto 02 Bondolharjo merasa sangat senang dan puas dengan apa yang disaksikan dan di rasakan saat visitasi “Saya melihat dan merasakan betul hubungan kekeluargaan yang sangat akrab antara kepala, guru dan visitor, sehingga kedatangan saya yang semula banyak anggapan sebagai tim penilai, sirna sudah karena kami lebih banyak diskusi dan menggali pemikiran guru kepala di MI Cokroaminoto 02 Bondolharjo” visitor adalah petugas dari kementerian agama yang bertugas melihat secara langsung hasil bimtek AKMI yang diaplikasikan di Madrasah masing-masing.
Kegiatan visitasi di MI Cokroaminoto 02 Bondolharjo adalah rangkaian hari ke empat dari kegiatan kelompok sebanyak 5 peserta atau lembaga, “ada potensi untuk lebih baik dan maju bagi Madrasah ini karena di awal hasil raport AKMI yang kami lihat sudah banyak grade cakap, kami yakin dan percaya dengan kemampuan kepala, guru dan steak holder di Madrasah ini pasti mampu mengimplementasikan AKMI di semu tingkatan dan kelas, ya kuncinya hanya mau dan terus mau berinovasi” ungkap Sriwi Rahayu
Bertindak selaku guru kelas 5 Suwarni, S.Pd.I, yang secara lancar dan tuntas memberikan diseminasi penularan hasil bimtek AKMI di hadapan visitor dan guru MI Cokroaminoto 02 Bondolharjo, “rasa nerves atau was-was awalnya tetap ada, tapi dengan rasa ingin tau dan keinginan untuk bisa dengan mengucap Bismillah, semuanya Alhamdulillah terlaksana dengan lancar, walaupun kami sadar betul masih ada perbaikan bahkan peningkatan pemahaman AKMI terutama untuk diri saya dan teman-teman guru di Madrasah ini,” ujar Suwarni dengan penuh semangat.
Kegiatan visitasi AKMI ini diikuti oleh semua guru dan karyawan MI Cokroaminoto 02 Bondolharjo secara umum semua guru mengatakan bahwa ini adalah peluang bagi guru untuk lebih dan konsent pada pembelajaran literasi,”ternyata menggunakan metode AKMI pada prinsipnya adalah pembelajaran secara langsung di kehidupan sehari-hari pada siswa, karena lebih di titik beratkan pada literasi Tidak ada saran, sains dan sosial budaya yang semuanya ada di kehidupan siswa itu sendiri” ungkap murniyati
“Kelihatannya semua guru siap untuk menggunakan AKMI di semua kelas karena kami menyadari bahwa yang abadi itu adalah perubahan itu sendiri, sehingga sama di dunia pendidikan pun harus mau dan siap untuk mengikuti semua perubahan yang ada di dunia pendidikan terlebih kita sebagai guru adalah agent perubahan itu sendiri bagi siswa dan lingkungan “ tambah Mokh. Basuki
Acara ditutup dengan makan siang bersama dan foto bersama sebagai dokumen madrasah dan pribadi (mb)