25 ASN MTsN 3 Banjarnegara Ikuti Sosialisasi SIMPI

Banjarnegara – Sebanyak 25 Orang Aparatur Sipil Negara (ASN) MTs Negeri 3 Banjarnegara mengikuti kegiatan sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengendalian Intern (SIMPI). Dalam rangka evaluasi penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di lingkungan Kementerian Agama, maka perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui keandalan lingkungan pengendalian yang ada.  Adapun kegiatan ini dilaksanakan di ruang Laboratorium Komputer 1 MTs Negeri 3 Banjarnegara. Kamis (25/3).

Kementerian Agama membuat aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengendalian Intern (SIMPI) sebagai alat bantu dalam rangka memudahkan penerapan SPIP. “SPIP bertujuan memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektivitas, efisiensi pada pencapaian tujuan penyelenggaraan negara, laporan keandalan, pengamanan aset negara, dan ketaatan pada peraturan perundang-undangan,” jelas Kepala Staf Tata Usaha MTs N 3 Banjarnegara Ely Margowati sebagai moderator pada Sosialisasi SIMPI

“Adapun tujuan ini dilaksanakan adalah terciptanya lingkungan pengendalian yang memadai melalui evaluasi lingkungan pengendalian serta rencana aksi serta pemantauan secara berkala dan konsisiten. Teridentifikasinya risiko, terumuskannya rencana kegiatan pengendalian atas kelemahan lingkungan, terintegrasinya proses penangan risiko, terpantaunya seluruh proses pelaksanaan sistem pengendalian intern dan terlaporkannya pelaksanaan sistem pengendalian intern,” Lanjutnya.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan seluruh ASN yang ada di satuan kerja MTsN 3 Banjarnegara menjadi responden aktif dalam mensukseskan KMA Nomor 580 Tahun 2019 tentang Pengendalian Intern Kementerian Agama. (ar/ak)