Awali Yell, Semangat Belajar Siswa MIMAU Bertambah

Banjarnegara – Semangat belajar menjadi salah satu modal utama dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Sebab dengan adanya semangat ini proses belajar pun jadi sangat menyenangkan. Banyak guru yang dapat menghadapi masalah terkait dengan semangat belajar siswa. Karena dengan semangat, proses pembelajaran akan optimal karena siswa antusias dalam belajar.

Guru mengerti bahwa siswa harus dikondisikan terlebih dulu sebelum mulai belajar, agar seluruh siswa memiliki semangat yang sama. Oleh karena itu guru-guru MIMAU Al Falah Joyokusumo memberikan yel-yel untuk menyapa siswa sebelum kegiatan pembelajaran. Setiap kelas mempunyai yel-yel yang berbeda dengan kreativitas dari masing-masing siswa dan wali kelas.

Seperti yang dilakukan Novia Ayu – wali kelas IIB, sering kali memberikan semangat pagi kepada siswa dengan yel-yel yang berjudul Kelas IIB Gemati. Wali kelas IIb melihat ada dampak besar dari yel-yel yang diberikan. Selain membuat siswa jadi lebih semangat dan senang ternyata semangat yang ditunjukkan oleh para siswa itu mampu memberikan dampak positif bagi gurunya. Guru menjadi semakin semangat dalam mengajar, dan semakin membangun kedekatan emosional dengan siswanya.

“Dengan dimulai pembelajaran dengan yel yel akan ada bedanya dengan kegiatan pembelajaran yang tidak diawali dengan yel yel, karena siswa di awal masih kurang semangat dan belum merasakan senang. Setelah dimulai dengan yel-yel siswa jadi lebih semangat dan lebih ceria dari sebelumnya. Sehingga siswa lebih siap menerima pembelajaran,” ungkapnya.

Wali kelas IIB menambahkan bahwa yel-yel yang berfungsi untuk mengondisikan kelas serta mengalihkan energi berlebih pada siswa ini mampu membuat kelas menjadi lebih kondusif dan menyenangkan untuk belajar. Hal ini karena energi yang biasanya mereka gunakan untuk berlari dan berkelahi saat belajar, mampu teralihkan dengan meneriakkan yel-yel dengan penuh semangat. Adanya penyemangat di awal pembelajaran ini menjadi motivasi bagi para siswa bahwa belajar itu menyenangkan.

Selain itu juga, Tania siswa kelas IIb mengaku lebih senang dan lebih semangat mengikuti pembelajaran. Karena dengan yel-yel siswa sudah membuat siswa senang.

“Saya lebih semangat belajar ketika di awal sudah dibuat senang terlebih dahulu dengan yel-yel setelah berdoa. Baru selanjutnya diteruskan dengan tahfidz dan pembelajaran berikutnya, saya akan lebih semangat,” paparnya. (na/ak)

Bagikan :
Translate »