Baksos Pesantren dan TPQ, Akhiri Rangkaian Peringatan HSN MTsN 4 Banjarnegara

Banjarnegara – Mengakhiri serangkaian kegiatan Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2021, MTs Negeri 4 Banjarnegara mengadakan bakti sosial berupa pembagian sembako kepada beberapa pesantren dan TPQ di wilayah sekitar madrasah. Pembagian sembako dilakukan oleh  perwakilan siswa yang merupakan pengurus OSIS didampingi oleh Wakil Kepala Bidang Humas, Tofik, dan Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Sarif Hikmayanto pada hari Minggu (31/10/2021).  Adapun sembako yang dibagikan berupa beras, minyak goreng, mie instan dan gula pasir,  merupakan iuran dari para siswa  yang dikoordinir oleh Pengurus OSIS.

Dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional tahun 2021, MTsN 4 Banjarnegara mengadakan serangkaian kegiatan berupa Khotmil Qur’an, nobar Film Resolusi Jihad/ Film sang Kyai, Tasyakuran, dan diakhiri dengan bakti sosial ke pesantren dan TPQ yang berada di  wilayah sekitar MTsN 4 Banjarnegara.

Ada beberapa pondok pesantren dan TPQ yang mendapat bantuan sembako dalam baksos diantaranya adalah Pondok Pesantren (PP)  Al-Ridlo Desa Lengkong, PP Nurul Quran Desa Badamita, PP di Dusun Karangsaga, TPQ Nurul Iman Desa Badamita, TPQ Karangsaga, TPQ Depok, TPQ Desa Tapen, TPQ  Sawangan dan Sidarata.

Kegiatan bakti sosial dilakukan untuk menjalin silaturahmi dan  sebagai wujud kepedulian  sosial MTsN 4 Banjarnegara terhadap lingkungan sekitar terutama pesantren dan para ustadz yang mengajar di TPQ. Selain itu juga sebagai bentuk pendidikan karakter kepada para siswa untuk memiliki kepekaan sosial dengan cara berbagi terhadap sesama.

“Kegiatan ini kami lakukan untuk menjalin silaturahmi dengan pesantren-pesantren, TPQ, dan sebagai wujud kepedulian madrasah kepada lingkungan sekitar sekaligus menanamkan pendidikan karakter yang sesungguhnya kepada para siswa untuk peka sosial dengan saling berbagi,” ungkap Sarif Hikmayanto selaku wakil kepala bidang kesiswaan

Masyarakat menyambut baik kegiatan baksos yang dilaksanakan oleh MTsN 4 Banjarnegara. “ Terima kasih kepada MTsN 4 Banjarnegara, bantuan sembako ini sangat bermanfaat untuk pesantren kami, semoga silaturahmi dan komunikasi terus terjalin, madrasah makin berkembang maju,” ungkap Asrori, pengurus Pondok Pesantren Al-Ridlo, salah satu ponpes yang mendapat bantuan sembako dari MTsN 4 Banjarnegara. Perlu diketahui bahwa ada sekitar lima belas santri dari PP Ar-Ridlo yang menempuh pendidikan formal di MTsN 4 Banjarnegara.

Selama pelaksanaan kegiatan baksos, para siswa dan pendamping tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker sesuai anjuran pemerintah  dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (Kh/ak)