Bimas Islam Banjarnegara Gelar Rakor Strategi Percepatan Penyerapan Anggaran

Banjarnegara – Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara menyelenggarakan rapat koordinasi strategi percepatan serapan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) unit Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Tahun 2023.

Rapat koordinasi yang dihadiri oleh Kepala KUA dan penyuluh Agama Islam Fungsional se-Kabupaten  Banjarnegara ini bertempat di RM Entok Gobyos Kenteng Kec. Madukara Kab. Kecamatan Banjarnegara pada hari Kamis (02/02/2023).

Kegiatan dibuka dan dipimpin langsung oleh Ali Mustofa, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, dalam sambutan pengarahannya, Ali Mustofa memaparkan strategi percepatan yang diharapkan bisa menyerap anggaran sampai bulan Juli 2023 nanti dapat tercapai 70%. Dimana target ini sesuai dengan instruksi dari Gus Menteri.

“Sampai dengan Juli 2023 nanti, serapan anggaran harus tercapai di angka 70%. Penting pada pertemuan kali untuk merancang strategi percepatan untuk dapat ditindaklanjuti oleh Kepala KUA, serta penyuluh,” ujar Ali.

Selanjutnya Kasi Bimas memaparkan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di awal tahun ini,  “Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Bimas Islam Banjarnegara antara lain Capacity Building untuk ASN Bimas Islam, harapannya nanti para ASN di Bimas Islam dalam hal ini  KUA bisa melaksanakan tugas dan fungsinya secara maksimal, meningkatkan pelayanan, bimbingan, dan pembinaan di bidang urusan agama Islam,” ujarnya.

“Selain itu, juga kita laksanakan kegiatan piloting KUA Revitalisasi, bimbingan perkawinan baik Bimwin klasikal atau Bimwin mandiri, penurunan Stunting dengan kegiatan BRUS dan juga launching Kampung Moderasi,” lanjut Ali.

Kegiatan rakor ini di tutup dengan diskusi dan ramah tamah,  Kepala Seksi Bimas Islam yang berhasil menyepakati, kegiatan Bimwin 5 angkatan pada bulan Februari, Kegiatan BRUS ( Bimbingan Remaja Usia Sekolah) di wilayah yang angka nikah dininya tinggi, dan juga persiapan launching kampung moderasi yang akan dilaksanakan di dusun Wanasepi Desa Somawangi Kecamatan Mandiraja Kab. Banjarnegara pada bulan Februari 2023 ini. (dr/ak)

Bagikan :
Translate »