Calon Petugas Haji 2016 Laksanakan Ujian Rekrutman

Hari Rabu (27/04) ini seluruh kabupaten/kota Kementerian Agama di seluruh provinsi Jawa Tengah melaksanakan ujian Tes Kompetensi Rekrutmen Calon Petugas Haji tahun 1437H/ 2016M. Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara melaksanakan kegiatan di Aula Kantor mulai pukul 07.30 dengan pertimbangan sesuai jadwal pukul 08.00 WIB start dilaksanakan ujian.

Kemenag kabupaten Banjarnegara tahun ini terdapat 16 peserta ujian yang mendaftar dengan perincian, 11 orang TPHI (Tim Pemandu Haji Indonesia) dan 5 orang TPIHI (Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia). Untuk tingkat kabupaten dibutuhkan 4 orang TPHI dan 4 orang TPIHI. Namun dari jumlah tersebut terdapat 1 peserta tidak hadir dari calon TPHI.

“Diharapkan dengan adanya rekrutmen ini, di dapatkan petugas yang handal, profesional dan bertanggung jawab dalam melayani haji tahun 2016” disampaikan Ketua Panitia, M. Safie. Nantinya hasil rekrutmen akan melakukan ujian lanjutan di tingkat Kanwil Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Kemenag, Farhani secara singkat menyampaikan bahwa, “Pelaksanaan seleksi sudah sesuai peraturan perundang-undangan, serta mekanisme dan prosedur juga sudah benar”. Diharapkan semua jadwal ujian dilaksanakan dengan baik, percaya diri, dikarenakan lolos atau tidaknya tergantung pada diri peserta.

Terkait dengan prosedur ujian, Panitia telah mengambil bahan ujian pukul 03.30 WIB di Kabupaten Banyumas dan dibawa ke ruang ujian masih kondisi tersegel. Setelah dibacakan laporan panitia dan sambutan singkat Kakankemenag dilanjutkan penyerahkan naskah ujian kepada Kepala, pembukaan segel ujian dengan disaksikan seluruh peserta ujian, pembagian naskah ujian dan pembacaan tata tertib sebelum ujian di mulai.

Adapun jadwal ujian 08.00 – 09.30 Tes tertulis kemudian istirahat dan dilanjutkan pukul 10.00 WIB sampai selesai untuk tes wawancara.   (Nangim)