Dengan Media Puzzle, Belajar Lebih Senang Dan Cepat Paham

Banjarnegara – Dalam pelaksanaan program Pendidikan Profesi Guru ( PPG ) diwajibkan melaksanakan praktik mengajar dimana peserta PPG terlibat langsung dalam proses belajar mengajar. Kegiatan  praktik pembelajaran ini bertujuan untuk menambah ilmu dan pengalaman peserta PPG dalam merencanakan pembelajaran dan sekaligus menerapkannya dalam kegiatan belajar mengajar yang nyata di kelas.

Hari Selasa (6/9/2022) MI Islamiyah menjadi tempat praktik  salah satu peserta PPG yang juga merupakan guru MI Islamiyah 01 Rakit, yaitu Fitri Alawiah. Strategi yang dipakai dalam praktiknya adalah dengan menggunakan media Puzzle, yang diterapkan untuk lebih memudahkan dalam menyampaikan pembelajaran Fiqih materi Rukun Iman.

Menurut Fitri Alawiah dalam pembelajaran alat atau media pembelajaran jelas diperlukan, sebab media pembelajaran ini memiliki peranan yang besar dan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pembelajaran yang diinginkan. “ Media sangat diperlukan dalam pembelajaran karena mempengaruhi terhadap pencapaian tujuan pembelajaran, saya memilih media puzzle sebagai metode agar siswa lebih tertarik dan cepat memahami materi yang saya sampaikan” ungkapnya.

Atun Farida selaku guru kelas 1 menyambut baik adanya pelaksanaan praktik mengajar dengan menggunakan media puzzle, menurutnya media membantu anak-anak dalam memahami konsep. “ Saya sangat senang dengan adanya praktik pembelajaran yang dilakukan oleh bu Fitri sebab sangat membantu siswa dalam memahami suatu konsep tertentu. Karena pada usia ini siswa masih berpikir konkret (nyata) dan belum mampu berpikir abstrak terutama siswa kelas 1, dengan media puzzle ini siswa lebih cepat memahami, dan semangat sehingga tercapai tujuan pembelajarannya” ujarnya.

Setelah melaksanakan praktik mengajar dengan menggunakan media Puzzle Fitri Alawiah tidak lupa menanyakan ke salah satu siswa kelas 1 MI Islamiyah 01 Rakit yang bernama Firza Daris Pradipta tentang bagaimana kegiatan pembelajaran yang telah di sampaikannya. “Aku sangat senang dan cepat paham bu guru” Jawabnya.

Dapat disimpulkan bahwa apabila guru mampu menerapkan media pembelajaran  dengan tepat dalam proses belajar mengajar, maka siswa akan memiliki pemahaman yang baik tentang materi yang diajarkan. Apabila siswa memiliki pemahaman yang baik terkait materi pembelajaran yang diharapkan besar kemungkinan tujuan pembelajaran akan tercapai dengan efektif dan efisien. Oleh karena itu guru dituntut untuk terus berkembang dan menjadi guru yang mampu menerapkan pembelajaran yang inovatif dalam kegiatan belajar mengajar.

Dengan adanya praktik mengajar dengan menggunakan media puzzle ini semoga menjadikan motivasi bagi guru-guru di MI Islamiyah 01 Rakit agar lebih berkreasi dan inovasi dalam menggunakan media pembelajarannya seperti yang sudah dipraktikkan oleh Fitri Alawiah peserta PPG tahun ini. (af)

Bagikan :
Translate »