Dua Guru MIN 3 Banjarnegara Ikuti Pelatihan E-Learning

Banjarnegara – MIN 3 Banjarnegara sebagai salah satu Madrasah pemitra MTs N 2 Banjarnegara bersinergi dalam memajukan dunia pendidikan. Dalam kondisi pandemi covid 19 yang belum berakhir, pembelajaran dituntut untuk kreatif, inovatif dan berbasis daring . Sejak  Kementerian Agama menggagas penggunaan E-Learning di setiap madrasah dalam pembelajaran, MIN 3 Banjarnegara pun menerapkan penggunaan media ini.

“Saat ini sudah lebih dari ribuan madrasah dengan puluhan ribu guru dan siswa yang telah menggunakan E-learning Madrasah. Dalam E-Learning Madrasah tersebut, siswa-siswi mendapatkan beragam fitur yang mampu memudahkan mereka mendapatkan informasi serta pembelajaran dengan cepat. Tidak hanya itu penggunaan E-Lerarning memberikan kemudahan dalam pelaksanaan ujian yaitu dengan CBT,” tutur Ratna Ayu Kartika Wulan selaku Kepala MTs N 2 Banjarnegara dalam membuka acara workshop Aplikasi E-Learning Sahabat Madrasah.

“Untuk mendukung agar guru kreatif dan inovatif dalam mengajar di media ini, maka melalui melalui tim IT MTs N 2 Banjarnegara mengadakan workshop E-Learning Madrasah secara luring bagi guru pemitra yang terdiri dari guru-guru MTs dan MI dilingkungan kerja MTs N 2 Banjarnegara,” lanjutnya.

Acara berlangsung tanggal 4 Mei 2021 pukul 09.00 WIB sampai selesai diikuti oleh 6 Madrasah pemitra dan dipandu oleh tim IT MTs N 2 Banjarnegara dan dilaksanakan di ruang Laboratorium  Komputer.

MIN 3 Banjarnegara dalam hal ini megirimkan dua orang guru untuk mengikuti workshop tersebut.

 “E-Learning Madrasah selain dapat digunakan guru mata pelajaran dalam KBM juga dapat diakses oleh operator madrasah, guru bimbingan konseling, wali kelas dan kepala madrasah. Masing-masing memiliki user sendiri untuk masuk ke dalam aplikasi e-Learning Madrasah, kapanpun dan dimanapun,” pungkas giyanto sebagai salah satu perwakilan guru dari MIN 3 Banjarnegara.

Indar sebagai guru yang ikut juga dalam workshop tersebut juga menyampaikan, ada beberapa fitur yang terdapat dalam E-Learning Madrasah, yaitu Pertama, Kelas Online, fitur kelas online berisi konten mulai dari awal proses pembelajaran, pembuatan standar kompetensi, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), materi pembelajaran, jurnal guru, pengolahan penilaian harian, ujian berbasis komputer (CBT) hingga pengolahan nilai rapor.

Kedua, Guru Berbagi, fitur guru berbagi ini adalah platform yang akan menampung kreativitas guru madrasah di seluruh Indonesia untuk saling berbagi informasi apapun yang bermanfaat. Guru  tinggal memposting informasi tersebut dalam kolom dengan mudah. Selain itu, siapapun dapat berkomentar dan memberi masukkan, bahkan menyukai postingan tersebut.

Ketiga, Forum Komunitas Madrasah, dalam fitur ini siswa dan guru dapat dengan mudah berbagi ide dan membuka forum diskusi karena di dalamnya terdapat media sosial untuk saling berkomunikasi antara guru dan siswa. User juga dapat saling berkomentar dan berbagi ide atau gagasan dalam fitur chat.

Kepala MIN 3 Banjarnegara berharap semoga MIN 3 Banjarnegara yang memiliki link http://www.elearning.min3banjarnegara.com dapat dimanfaatkan oleh para guru dengan baik untuk menunjang proses KBM. E-Learning tidak hanya pada masa pandemi saja tetapi kedepannya akan sangat bermanfaat salah satunya ketika dalam melaksanakan peniaian karena dapat dengan mudah dilaksanakan dengan CBT (Computer Based Test), tutur Dani Restiadji selaku kepala MIN 3 Banjarnegara. (Ind-Mad)