Sosialisasi PPKM dan Pengenalan website ILMCI di MTs Muhammadiyah Karangkobar Oleh Koramil 04 Karangkobar

Banjarnegara – Koramil 04 Karangkobar, Selasa (04/4/2021) melaksanakan edukasi dan sosialisasi Protocol Kesehatan (ProKes) serta penegakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis MIkro (PKKM) dan pengenalan website ILMCI (I Love My Country Indonesia) kepada peserta didik MTs Muhammadiyah Karangkobar (MUHIKA).

Pelda Teguh Rahayu yang mengisi acara tersebut mengatakan, sosialisasi dan edukasi ini dilakukan untuk meningkatkan kesidipilinan seluruh elemen masyarakat termasuk juga didalamnya adalah peserta didik, dan melalui pelajar yang memiliki intelektual yang tinggi diharapkan untuk menyampaikan kepada sanak keluarga dan terutama diri sendiri untuk mematuhi Prokes.

”Terutama dalam hal penggunaan masker selama beraktifitas diluar rumah dan tidak hentinya disampaikan pula edukasi penerapan protokol kesehatan yang baik dan benar,” ujarnya.

Pelda Teguh Rahayu juga mengungkapkan bergulirnya PKKM mikro cukup efektif untuk menekan angka penularan Covid-19 di lingkungan sekolah. “Covid 19 memang nyata ada dan pemerintah semaksimal mungkin menggunakan metode PPKM tujuannya untuk mencegah covid 19 tidak berkepanjanagn atau tidak berlarut larut,” jelasnya.

Lebih lanjut Teguh menyampaikan bahwa sampai tingkat pelajar harus menggunakan protokol kesehatan, karena penyebaran covid melalui barang barang yang kita pegang, agar tidak terserang maka harus menjaga jarak, prokes harus benar benar dilaksanakan. Peserta didik agar menyarankan kepada anggota keluarga untuk tetap melaksanakn protokol kesehatan jangan sampai Indonesia seperti India,dimana Covid tidak terkendali.

Pada sesi berikutnya, Sujatnoto, Anggota Koramil Karangkobar menjelaskan dan mengenalkan website pembelajaran online untuk pelajar, ILMCI yang digagas oleh TNI, “website ini awalnya digunakan untuk keluarga TNI, namun akhirnya disebarluaskan untuk lingkungan yng lebih luas,” ungkapnya.

Sujatnoto mengatakan TNI menyiapkan aplikasi belajar tujuannya untuk mencerdaskan anak bangsa, sasarannya pelajar.

“ILMCI adalah website karya anak bangsa yang berfokus pada dunia pendidikan berbasis Teknologi Infromasi (IT) yang memiliki komitmen memajukan dan mencerdaskan generasi bangsa yang cinta tanah air,” jelasnya.

Sujatnoto kemudian melanjutkan kegiatan sosialisasi dengan menjelaskan secara teknis bagaimana cara mengaktifkan dan mengakses ILMCI.

Diakhir sosialisasi, dibagikan masker kepada peserta didik sebagai salah satu upaya perlindungan diri dari penyebaran virus corona. (li/ak)