Dukung Moderasi Beragama di Keluarga, DWP MAN 2 Banjarnegara Ikuti Webinar

Banjarnegara – Dharma Wanita Persatuan (DWP) MAN 2 Banjarnegara mengikuti webinar “Moderasi Beragama sebagai Intregrating Force dalam Masyarakat” secara online melalui aplikasi zoom (11/10). Bertempat di laboratorium Komputer Madrasah, para anggota DWP mengikuti acara ini dengan antusias. Acara webinar yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan Kementrian Agama Kabupaten Banjarnegara ini menjadikan Agus Surya Suripto selaku Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banjarnegara serta Alissa Wahid dari LKK NU Pusat sebagai narasumbernya. Acara dibuka dengan sambutan yang dibawakan langsung oleh Linda Damayanti sebagai ketua DWP Kemenag Provinsi Jawa Tengah.

“Letak pentingnya moderasi beragama harus ditanamkan dalam kehidupan keluarga. Sebagai ibu yang mengurus rumah tangga dan madrasah awal bagi anak – anak, kita harus membuat kehidupaan  beragama yang jujur, adil, sejuk yang mendamaikan serta optimis. Inilah wujud dari pentingnya tentang moderasi beragama yang harus kita tanamkan di lingkungan keluarga,” sambut beliau.

Alissa Wahid menjelaskan tentang betapa pentingnya moderasi Bergama diajarkan di lingkungan madrasah dan keluarga.

“Berangkat dari berkembangnya cara beragama yang berlebihan serta banyaknya kelompok atau pribadi yang mengklaim kebenaran yang subyektif inilah munculnya kepentingan untuk mengajarkan moderasi beragama di lingkungan madrasah dan berkeluarga. Karena dengan moderasi beragama kita bisa membangun masyarakat yang rukun serta bisa mempraktekan beragama yang menjaga kehidupan bersama yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan umum berdasarkan prinsip, adil, berimbang dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa,” terang Alissa Wahid.

Sedangkan Agus Suryo sebagai kepala Kantor Kemenag Banjarnegara menjelaskan tentang cara menerapkan moderasi beragama didalam keluarga. “Agar anggota keluarga kita bisa saling menghormati, mengahargai perbedaan, dan adil yang nantinya akan membawa perilaku tersebut di masyarakat saat menjalin sosialisasi. Nantinya perilaku moderasi bergama ini yang akan membuat lingkungan di masyarakat sekitar kita menjadi aman, nyaman dan tentram. Semua itu dimulai dari kita menanamkan nilai – nilai tersebut di dalam keluarga kita masing-masing,” jelasnya.

Para anggota DWP MAN 2 Banjarnegara tentunya menganggap kegiatan in sangatlah bermanfaat. Dengan adanya webinar tentang moderasi beragama kita menyadari bahwa itu sebuah pendidikan yang penting yang harus kita tanamkan dalam mendidik putra putri di rumah. Karena keluarga adalah pilar utama dan madrasah awal bagi generasi penerus bangsa Indonesia. Demi mewujudkan Indonesia yang aman, damai, dan beragama. (md/ak)