Duo Agus Tekan Kerjasama Program LARASATI

Banjarnegara – Ada yang unik dalam sosialisasi RSI Banjarnegara bersama Kakankemenag di Kantor Kemenag Kabupaten Banjarnegara pada Senin (26/4). Pasalnya, ada dua nama yang memiliki kesamaan yaitu nama Agus. Disatu sisi, nama Agus ini adalah Agus Suryo Suripto selaku Kepala Kemenag Banjarneagra, kemudian ada dr. Agus Ujianto sebagi direktur Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara.

Tidak hanya itu. Rupanya dua nama yang memiliki kesamaan ini tengah menjalin kerjasama antara pihak Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara dengan seluruh ASN Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara. Acara yang dihadiri oleh perwakilan sekolah Madrasah tingkat MTs/MA salahsatunya dari MTs N 1 Banjarnegara yang dihadiri oleh Lina selaku Waka Humas. Sosialisasi yang disampaikan oleh pihak RSI Banjarnegara ini menghadirkan dobrakan baru mengenai sistem perubahan berbasis digital yang disebut dengan program “LARASATI”.

dr. Agus Ujianto menilai kendala yang sering dijumpai di Rumah Sakit di Banjarnegara adalah sistem pelayanan berupa administrasi. Kendala ini cukup meresahkan masyarakat saat berobat. Dengan sistem yang berbelit-belit ini mengakibatkan proses administasi terbilang lama. Melihat kondisi itu, dr. Agus Ujianto berinisiatif dan berinovasi memunculkan program baru yaitu “LARASATI”.

“Program ini merupakan program baru yang ada di Jawa Tengah maupun di Indonesia. Dengan adanya program baru yang akan merujuk pada sistem administrasi yang efisien ini, diharapkn para masyarakat Banjarnegara dapat menikmati inovasi baru yang diluncurkan oleh pihak RSI bersama kemenag,” ujapnya.

Agus Suryo Suripto menambahkan bahwa aplikasi LARASATI ini berbasis Android yang nantinya bisa diunduh di Play Store. “LARASATI ini merupakan singkatan “Layanan Bersama RSI-Kemenag Satu Hati,” ucapnya.

Dari hasil sosialisasi terdapat beberapa point yaitu, antara kerjasama pihak RSI kepada seluruh ASN Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara dalam bidang kesehatan ini nantinya akan membuat sebuah aplikasi bernama LARASATI dalam memudahkan proses administrasi. Selain itu, pihak RSI juga akan mewujudkan kerjasama berupa pembangunan poliklinik di Kemenag Banjarnegara. Hal itu sebagai pelayanan prioritas bagi ASN di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara.

Tidak hanya itu, Aplikasi berbasis Android ini juga sudah dipromosikam melalui Youtube Cannel Radio Brayan (17/4). Dimana, dalam aplikasi LARASATI ini akan menampilkan berbagai macam menu pilihan mulai dari RSI Cepat, Madrasah Sehat, Pais Sehat, Bimas Sehat, Haji Sehat, Pontren Sehat, serta Halal Center. Selain itu LARASATI juga menampilkan beberapa program pilihan seperti Pelatihan Kesehatan, Pelatihan Jurnalistik, Pelatihan Teknologi Informasi (IT), serta Layanan Kesehatan.

Dengan adanya kerjasama ini, pelayanan kesehatan menjadi lebih efisien, selain bisa dilakukan sebagai penyuluh Islam melalui aplikasi LARASATI, inovasi ini terbilang baru khusunya di Banjarnegara untuk menunjang pelayanan di masa era digital. (risky/ak)