Gerakan Jumat Sehat, Seluruh Siswa Minum Susu

Banjarnegara – Madrasah Ibtidaiah Ma’arif Hizbul Qur’an (MIMAHIQU) Desa Parakan, Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, menggalakkan gerakan minum susu bersama bagi para siswanya. Gerakan minum susu tersebut digalakkan dalam upaya meningkatkan kesadaran bagi seluruh siswa dari siswa kelas 1 sampai dengan siswa kelas 6 untuk membiasakan diri minum susu yang dilaksanakan secara rutin setiap hari Jumat di Madrasah. (23/9)


Siswa harus dibiasakan minum susu sejak usia dini atau masa sekolah karena susu sangat penting bagi pertumbuhan. “Susu memiliki kandungan nutrisi tinggi yang sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan anak sehingga dengan rajin minum susu, zat gizi dan nutrisi yang diperlukan bisa terpenuhi,” kata Kepala MI Ma ’arif Hizbul Qur’an, Harun, juga selaku Ketua Yayasan Hizbul Qur’an yang beralamat di Desa Parakan, Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. (23/9)

“Anak – anak dalam masa pertumbuhan membutuhkan gizi dan nutrisi yang salah satunya diperoleh dari susu sehingga sejak usia dini sangat dianjurkan mengonsumsi minuman tersebut,”. Imbuhnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengharapkan dukungan dari para wali murid, agar gerakan tersebut juga dilaksanakan oleh para siswa di rumah sehingga seluruh anak-anak menjadi lebih cerdas, sehat dan mencapai pendidikan yang tinggi.

Guru Pendidikan Jasmani, Olah raga dan Kesehatan (PJOK) Muchlis selaku pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), mengatakan, “Gerakan minum susu harus digalakkan di lingkungan Madrasah dan untuk dibiasakan oleh para siswa di rumahnya masing-masing. Dan susu yang diminum boleh susu kemasan yang berbentuk Susu Kental Manis (SKM), maupun susu kemasan yang berbentuk bubuk,” ujarnya.

Beliau mengharapkan, seluruh siswa mengonsumsi susu secara berkelanjutan mulai lingkungan sekolah hingga digalakkan di lingkungan keluarga sehingga gizi dan nutrisi anak terpenuhi dan pihaknya sudah menjalankan program makanan tambahan seminggu sekali dengan komposisi makanan mengandung karbohidrat, protein, lemak dan vitamin.

“Selain makanan sehat juga ditambah minum susu yang tentunya mengandung protein dan kalsium tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan gizi siswa yang berupa makanan empat sehat lima sempurna,” katanya. (km)

Bagikan :
Translate »