Home Schooling, Program Unggulan MI Al Fatah

Banjarnegara – Era digital dan aliran informasi yang sangat pesat sangat berpengaruh kepada perilaku maupun psikologis orang dewasa maupun anak-anak. Jika tidak disiasati dengan baik oleh para orang tua, maka generasi penerus kita cenderung akan tergerus zaman yang condong kepada pengaruh negatif, seperti kecanduan gadget, individualis, maupun anti sosial. Akibat – akibat tersebut harus ditekan, salah satunya dengan memberikan ruang pendidikan yang tepat bagi anak-anak, khususnya anak usia MI.

Para orang tua sebenarnya adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya. Namun demikian dengan kesibukan dan tanggung jawabnya, mereka cenderung akan memilih untuk menyerahkan sepenuhnya kepada madrasah sebagai tempat pendidikan bagi putra putrinya. Madrasah seperti apa yang mereka inginkan? Ada berbagai pilihan dan program di setiap madrasah.

MI Al-Fatah sebagai lembaga pendidikan yang komitmen dengan program Tahfidz Al-Qur’an memberikan angin segar bagi para orang tua untuk menyekolahkan putra putrinya di sana. Kenapa harus di MI Al-Fatah? Bagi lulusan TK/RA yang telah lancar dalam membaca Al-Quran akan diprioritaskan masuk program home schooling. Program tersebut tentu sangat pas karena prosentase tahfidz (hafalan Al-Qur’an) yang lebih banyak dalam sehari. Lalu bagaimana dengan kompetensi akademiknya?

Kepala MI Al-Fatah, Durotun Nafisah menyampaikan program home schooling. “Walaupun pelajaran umum hanya 1-2 jam per harinya, siswa yang mengikuti home schooling memiliki nilai rata-rata akademik yang tidak kalah dengan siswa yang mengikuti kelas reguler, bahkan memiliki nilai akademik yang tinggi,” ungkapnya.

“Saya optimis bahwa di tahun keempat, siswa yang mengikuti program home schooling di MI Al-Fatah akan tuntas atau khatam tahfidz 30 juz di usia dini. Baru pada tahun kelima dan keenam, siswa program ini akan mengikuti pembelajaran di madrasah seperti siswa lainnya,” imbuhnya

Suryati, salah satu wali dari Abyas berharap semoga program ini berjalan sesuai harapan. “Terimakasih untuk pendiri dan pembimbing yang telah memfasilitasi anak kami dan ini sangat membantu para orang tua khususnya pada hafalan Al Qur’an. Dan saya menghimbau kepada ayah bunda yang berkenan untuk bergabung putra/putrinya di program home schooling ini, Insyaallah sangat bermanfaat dan tidak mengecewakan hasilnya,” pungkasnya (nasd/ak)