MI Al Fatah Pelopor Koreksi Bersama Hasil UM 2020/2021

Banjarnegara – Berakhirnya Ujian Madrasah, hari Jum’at (16/4), MI Al Fatah gelar koreksi bersama hasil ujian madrasah (UM) dengan 24 korektor dan 5 penginput nilai, untuk 5 kelas dengan jumlah peserta didik 112. Alhamdulillah terlihat para korektor sangat fokus dan transparan, hal ini dilakukan agar hasil yang dicapai dapat dipertanggungjawabkan.

Ujian madrasah kali ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, begitu juga koreksi hasil ujian yang biasanya dilakukan dengan komputer oleh tim korektor Kementerian Agama, namun dimasa pandemic covid-19 penyelenggaraan ujian dan koreksi di serahkan di masing-masing internal madrasah, maka dari itu Kepala Madrasah, Durotun Nafisah memutuskan untuk segera menggelar koreksi hasil UM bersama-sama dengan tehnik silang. “Semoga hasilnya baik, obyektif, apa adanya, dan dapat dipertanggungjawabkan,” harapnya.

Solikh Fatmawati selaku ketua panitia juga memantau langsung jalannya koreksi bersama.  “Saya harus hati-hati dalam mengoreksi lembar demi lembar LJKnya, apalagi yang uraian benar-benar butuh konsentrasi yang ekstra,” katanya.

Koreksi dilakukan hanya satu hari, dengan jumlah 112 peserta didik dengan 13 mapel, masing-masing mapel 2 korektor. Selesai mengoreksi kemudian korektor menyetorkan nilai ke operator, dimana masing-masing operator menginput nilai dalam satu kelas.

Selain input nilai, para operator juga mengecek kembali jawaban atau skor nilai yang diberikan para korektor.

“Kami berdebar-debar dan tidak sabar ingin melihat hasil nilai ujian anak-anak”, ungkap para wali kelas 6

Kerjasama yang sangat baik, antara panitia, korektor, dan operator sehingga kegiatan ini terselesaikan tepat waktu dan hasil nilai anak-anak juga tidak mengecewakan. “Ada beberapa anak yang mendapat nilai seratus,” kata Ibnu sang operator.

Hasil dari Ujian Madrasah (UM) tahun pelajaran 2020/2021 ini nantinya memberikan porsi kebijakan madrasah untuk melihat sejauh mana hasil yang didapat setiap peserta didik dalam rangka menentukan kelulusan. (nasd/ak)