Jelajah Lingkungan, Buat Belajar On Line Lebih Menarik

Banjarnegara – Pandemi COVID-19 turut mengubah pola kegiatan belajar mengajar antara siswa dan guru. Pembelajaran tatap muka dihentikan sementara menghadirkan keterbatasan interaksi sehingga guru harus mengubah cara penyampaian materi.

Kepala Madrasah Ibtidaiyah Cokroaminoto (MIC) Kesenet, Laili Haryanti menyampaikan kepada para guru untuk menemukan metode yang tepat untuk menghadapi pembelajaran online. “ Dimohon  guru dapat menemukan metode yang tepat dalam menghadapi pandemi ini. Metode yang di gunakan harus efektif dan semenarik mungkin agar anak semangat belajar, ” ujarnya (21/4).

Guru  mencari cara agar materi tetap tersampaikan dengan efektif saat pertemuan dibatasi. Selain memastikan siswa memahami materi, guru juga perlu menyiasati agar siswa tak bosan belajar jarak jauh.

Munasiroh, guru kelas 4 MIC Kesenet punya cara tersendiri untuk membuat pembelajaran online efektif dan menyenangkan. Ia menerapkan metode jelajah lingkungan sekitar. Untuk mengetahui beberapa tanaman yang tumbuh di sekitar rumah, agar pelajaran menyenangkan dan tidak monoton membaca. Cara tersebut terbukti mampu menstimulasi para siswa untuk berpikir kreatif dan tak bosan saat belajar di rumah.

Ia mengatakan banyak anak-anak sekolah saat ini sedang menggandrungi bermain handphone. “Hal tersebut menjadi referensi bagi saya untuk mengkombinasikan pelajaran kedalam bentuk jelajah lingkungan yang menarik dan edukatif, ” katanya.

Daryanti,wali siswa MIC Kesenet mengatakan metode belajar jelajah lingkungan sangat di sukai anaknya. ” Saya sangat setuju dengan metode belajar yang di berikan guru, karena membuat anak saya bersemangat dan tidak jenuh belajar di rumah, ” katanya

Atas inovasinya dalam memberikan pengajaran, semua siswa mendapat nilai yang bagus dan memuaskan. Wali siswa juga merasa senang karena anak-anak mereka bersemangat belajar, kreatif dan nilainya juga meningkat. (en/mnh)