Jelang Eskul Pramuka Perdana, MTs Negeri 1 Banjarnegara Adakan Rapat Koordinasi

Banjarnegara – Tahun pelajaran baru sudah hampir satu bulan berjalan, dan kegiatan ekstrakurikuler sudah mulai dilaksanakan. Salah satu ekstrakurikuler yang akan melaksanakan kegiatan perdananya adalah Pramuka. Salah satu persiapan yang dilakukan oleh pembina eskul pramuka adalah melakukan rapat koordinasi antar pembina dengan kepala madrasah yang tentunya agar kegiatan perdana ini dapat berjalan dengan lancar pada Jumat (5/8).

Kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara, Eko Widodo sekaligus sebagai Kak Mabigus mengimbau semua pembina membiasakan aturan memanggil adik kakak. Panggilan ini memang sudah menjadi aturan dalam gerakan pramuka. Hal ini disampaikan pada rapat koordinasi para pembina pramuka di ruang tamu kepala madrasah.

Empat pembina pramuka di MTs Negeri 1 Banjarnegara memang belum mengikuti pelatihan pembina baik tingkat dasar maupun lanjutan. Ini tidak menjadi masalah, niatkan ini menjadi dasar pengabdian. Kegiatan kepramukaan begitu melekat pada kegiatan kemadrasahan yang betul-betul menekankan pada karakter. Pramuka inilah yang menjadi dasar perubahan kurikulum merdeka. Pendidikan karakter di pramuka sudah ada sejak dulu yang kemudian menjadi inspirasi perubahan kurikulum.

“Kami akan selalu suport kegiatan kepramukaan. Harusnya kegiatan penerimaan anggota penggalang dilaksanakan persami. Jadi silakan diagendakan dan diprogramkan. Kita tidak saklek seperti kepramukaan bayangkara. Yang penting mereka bahagia, senang, dan betah di pramuka. Hal itu yang akan kita terapkan di sini. Di pramuka nyaman di madrasah nyaman,” tutur Eko Widodo.

Selanjutnya para pembina diarahkan untuk menyusun program-program kepramukaan selama satu tahun ini. Program yang dirancang sederhana saja seperti pengiriman peserta lomba, perkemahan, dan kegiatan rutin di MTs Negeri 1 Banjarnegara

“Di MTs Negeri 1 Banjarnegara ini merupakan salah satu yang menerapkan wajib pramuka kelas 7 dan 8. Jika biasanya ekstra pramuka hanya hari Jumat saja, di sini menjadi hari Jumat dan Satu. Dan jangan lupa semua kegiatan harus dikoordinasikan dengan kesiswaan, ” pungkas Eko Widodo. (rin/ak)

Bagikan :
Translate ยป