Kakankemenag Dorong Guru MGMP Menuju Profesionalitas Tanpa Batas

Banjarnegara – Pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) MGMP Bahasa Indonesia, MGMP Matematika, MGMP Bahasa Inggris, dan MGMP IPA MTs Kabupaten Banjarnegara resmi dibuka. Kegiatan tersebut dilaksanakn pada Kamis, (21/10) di aula MTs Negeri  1 Banjarnegara. Menghadirkan Agus Suryo Suripto, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnehara untuk membuka acara.

Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) merupakan keberlanjutan dari Pelatihan Fasilitator Daerah (PFD) yang dilaksanakan bulan Oktober lalu. Para fasilitator menyampaikan ilmu yang mereka dapatkan dari PFD kepada para guru MTs se-Banjarnegara. Sebelum penyampaian materi oleh para fasilitator, semua peserta mengikuti pembukaan PKB terlebih dahulu.

Pada pembukaan acara PKB ini, semua peserta mengikuti acara dan berkumpul menjadi satu di aula MTs Negeri 1 Banjarnegara. Jumlah peserta PKB MTs Se-Banjarnegara ini adalah 127 terdiri dari guru Matematika 27 orang, IPA 30 orang, Bahasa Inggris 30 orang, dan Bahasa Indonesia 40 orang.  “Tujuan kegiatan PKB ini adalah untuk meningkatkan keprofesian berkelanjutan untuk kepala madrasah, guru madrasah khususnya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA MTs se-Banjaregara,” ungkap Agus Alim perwakilan Ketua MGMP Kabupaten Banjarnegara,

Eko Widodo, kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara menyampaikan selamat datang kepada para peserta PKB di MTs Negeri 1 Banjarnegara. Selain itu, beliau juga menyampaikan permohonan maaf apabila dalam penyediaan tempat, sarana dan prasarana tidak sesuai dengan ekspektasi peserta.

“Saya mewakili dari MTs Negeri 1 Banjarnegara mengucapkan selamat datang kepada para peserta PKB di MTs Negeri 1 Banjarnegara. Selanjutnya, saya juga mohon maaf apabila selama Anda semua di sini merasa kurang nyaman dengan tempat dan fasilitas yang kami sediakan. Semoga di kegiatan-kegiatan selanjutnya kami bisa menyediakan tempat yang lebih baik lagi,” ujar Eko Widodo.

Selanjutnya, acara pembukaan disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama, Bapak Agus Suryo Suripto. Pembukaan dilakukan dengan membaca bacaan basmalah dan mengetuk microfon tiga kali.

“Dengan mengucap Bismillahirrohmaanirrohim acara Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) MGMP Bahasa Indonesia, MGMP Matematika, MGMP Bahasa Inggris, dan MGMP IPA MTs Kabupaten Banjarnegara dibuka. Dengan saya membuka acara ini berarti sudah selesai tugas pertama saya,” tuturnya.

Pembukaan yang singkat itu seketika membuat peserta tertawa karena hanya disampaikan dalam waktu satu menit. Sudah seperti kekhasan Suryo yang selalu menyampaikan lawakan hampir di setiap sambutan.

Dengan diadakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) MGMP Bahasa Indonesia, MGMP Matematika, MGMP Bahasa Inggris, dan MGMP IPA MTs Kabupaten Banjarnegara ini diharapkan mampu meningkatkan keprofesian guru MTs se-Banjarnegara.  (rin/ak)