Kelas 1 MI Islamiyah 01 Rakit Praktek Menggambar Dengan Tekhik Mencetak

Banjarnegara – Salah satu hal yang paling disukai peserta didik kelas 1 adalah menggambar dan mewarnai. Seperti hari ini Rabu (5/10/) kelas 1 MI Islamiyah 01 Rakit dikenalkan  menggambar dengan tekhnik mencetak sesuai dengan materi yang mereka pelajari yaitu tema 2 subtema 3 “Gemar Menggambar” dengan menggunakan bahan cetak dari alam sebagai alatnya yaitu daun. 

Atun Farida guru kelas 1 menjelaskan kepada siswanya bahwa menggambar dengan tekhnik mencetak sangatlah mudah dan menyenangkan, karena tinggal mengikuti bentuk benda yang akan di cetak.

“Anak-anak yang sholeh dan sholehah hari ini kalian akan mempelajari materi menggambar dengan tekhnik mencetak, nanti kalian akan lebih mudah menggambar berbagai bentuk karena tinggal mengikuti bentuk dari benda yang akan di cetak dan tentunya akan lebih menyenangkan,” jelasnya.

Peserta Didik kelas 1 kelihatan antusias mendengarkan penjelasan guru karena mereka merasa penasaran dengan tekhnik mencetak ini. Setelah itu Peserta Didik diminta untuk mencari tiga lembar daun yang berbeda dengan teman sekelasnya ke kebun sebelah Madrasah untuk dijadikan alat cetak gambar yang akan dibuat.

Selanjutnya mereka melakukan praktek menggambar dengan tekhnik mencetak memakai tiga daun yang berbeda. Mengenal bahan alam dalam berkarya dan merancang karya dari bahan alam menjadi tema besarnya. Setelah mencetak, mereka belajar mencampurkan warna. Sebagai contoh warna merah dicampur biru menghasilkan ungu, kuning dan merah menjadi orange, dan lain sebagainya.
Bentuk yang dihasilkan oleh cetakan anak-anak pun beragam. Mereka terlihat sangat senang dengan pembelajaran ini. Firza Daris Pradipa salah satu siswa kelas 1 mengatakan bahwa materi pembelajaran ini sangat menarik. “Pelajaran hari ini sangat menarik saya senang sekali” katanya.

Mengakhiri pembelajaran tema 2 sub tema 3 “Gemar Menggambar” siswa siswi kelas 1 MI Islamiyah 01 Rakit mengadakan foto bersama dengan memperlihatkan hasil karya mereka menggambar dengan teknik mencetak. Kegiatan yang dilakukan di ruang kelas ini cukup membuat anak-anak bahagia karena mereka merasakan pengalaman baru. (af)

Bagikan :
Translate »