Wujudkan Sikap Moderat dan Toleran, Keluarga Besar MTsN 3 Banjarnegara Tandatangani Pakta Inegritas

Banjarnegara – Dalam rangka Internalisasi Moderasi Beragama, Guru dan Pegawai MTsN 3 Banjarnegara menandatangani Pakta Integritas Moderat dan Toleran. Acara tersebut dilaksanakan di Aula madrasah setelah Penilaiah Harian Terstruktur (PHT) berakhir. Hadir pula dalam penandatanganan pakta integritas tersebut Ketua Komite MTsN 3 Banjarnegara, Selasa (04/10).

Natir, selaku Kepala MTsN 3 Banjarnegara menyampaikan penadatangan ini sebagai wujud MTsN 3 Banjarnegara mendukung program dari Kemenag Pusat. “Penadatanganan Pakta Integritas ini sebagai wujud MTsN 3 Banjarnegara mendukung penuh program dari Kemenag Pusat guna terwujdunya kehidupan yang beromderat dan toleran dalam lingkungan madrasah dan masyarakat secara umum,” terangnya.

Lebih lanjut Natir mengungkapkan bahwa perlunya sikap moderat bagi seluruh ASN. “Sikap moderat sendiri merupakan pengejawantahan dari sila ke-2 Pancasila yaitu “Kemanusiaan yang adil dan beradab”. Tanpa sikap moderat, perdamaian antar golongan di Indonesia hanya mimpi dan isapan jempol belaka. Dengan adanya penandatanganan Pakta Inegritas ini diharapkan kita bisa terbuka, berpikir rasional, rendah hati, dan membawa manfaat sesuai dengan ciri dari orang yang moderat itu sendiri,” ungkapnya.

Selain mengedepankan sikap moderat, juga penting untuk ditekankan adanya sikap toleran. Toleransi sangat penting untuk menciptakan keharmonisan dan kerukunan dalam lingkungan madrasah dan masyarakat pada umumnya. Toleransi penting untuk diterapkan karena kondisi Indonesia yang begitu heterogen.

“Dengan adanya toleransi membuat masyarakat dapat hidup berdampingan dengan rukun, meski berbeda-beda suku dan agamanya,” pungkasnya. (ar/ak).

Bagikan :
Translate »