Kenalkan Seruan Panggilan Shalat, Murid Kelas VII MTsN 2 Banjarnegara Diajarkan Tata Cara Adzan Azan Benar

Banjarnegara – Untuk mengenalkan pendidikan agama terutama seruan panggilan shalat, murid siswa MTsN 2 Banjarnegara diajarkan tata cara azan dan iqamah. Kegiatan tersebut juga sebagai bagian dari program dalam kegiatan bulan ramadan.

Sulasno Al Hafidz, selaku pemateri mengatakan azan dan iqamah sangatlah penting untuk diajarkan kepada siswa-siswa madrasah dikarenakan hal tersebut merupakan rutinitas ibadah yang selalu dikumandangkan sebelum dimulainya shalat.

“Banyak anak yang bisa adzan, tetapi banyak juga yang tidak tau bagaimana tata cara adzan yang baik dan benar itu seperti apa,” katanya, dikutip Kamis (14/4).

Lebih lanjut Sulasno Al Hafidz menjelaskan bagaimana tata cara adzan dan iqomah, yaitu seperti Suci dari hadas kecil maupun besar, berdiri menghadap kiblat, melambatkan bacaan adzan serta untuk iqomah bacaan dipercepat, menoleh ke kanan dengan kepala, leher, dan dada ketika mengucapkan “Hayya ‘alash-shalah”, dan menoleh ke kiri ketika mengucapkan “Hayya ‘alal falah”, dan tidak berbicara hingga iqomah.

Dijelaskan juga dalam kegiatan tersebut murid diajarkan mengumandangkannya dengan benar mulai dari kalimat awal sampai makhrijul huruf yang benar saat mengumandangkan adzan.

 “Kalau sudah lancar saat adzan, nanti akan kita latih lagi bagaimana cara mengumandangkannya dengan nada yang indah dan bagus,” jelas Sulasno.

Kegiatan yang diikuti oleh semua siswa kelas VII MTsN 2 Banjarnegara ini mendapat dukungan dari Kepala madrasah Ratna Ayu kartika wulan.

“Kalau kita biasakan dan ajarkan mulai bagaimana azan yang benar sesuai dengan makhrijul huruf yang benar, paling tidak anak-anak akan bisa mempraktikkannya dilingkungan mereka,” pungkasnya. (ib/ak)

Bagikan :
Translate »