MA Al-Irsyad Gunungjati Adakan Pelatihan Pemulasaran Jenazah

Banjarnegara – Madrasah Aliyah (MA) Al-Irsyad Gunungjati, Kabupetn Banjarnegara mengadakan Pelatihan Pemulasaran Jenazah bagi peserta didik kelas XII, pada Kamis (25/3). Pelatihan ini diikuti oleh 20 siswa kelas XII dan bertempat di Aula madrasah.

Adapun pada materi pelatihan pemulasaran jenasah ini disampaikan langsung oleh Purwanto selaku guru fikih di MA Al-Irsyad Gunungjati.

Purwanto menjelaskan ada tiga hal penting yang menjadi fokus dalam pelatihan bagi peserta didik antara lain memandikan, mengkafani, dan mensholatkan jenazah.

“Peserta didik harus tahu kewajiban seorang muslim terhadap muslim lainnya yang meninggal. Ketika ada saudaranya muslim yang meninggal pastikan lakukan empat hal yaitu memandikan, mengkafani, mensholatkan dan terakhir adalah memakamkannya,” jelasnya.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa keempat hal dalam pemulasaraan jenazah tersebut ada aturannya tersendiri dalam syariat. “Jadi dalam pemulasaraan jenazah tidak boleh ngawur, harus selalu berpedoman kepada syariat dan aturan agama,” tambahnya.

Yang menjadi alasan diadakan pelatihan ini adalah memberikan bekal bagi peserta didik dalam hidup bermasyarakat. Karena nantinya pelatihan ini pasti bermanfaat apabila peserta didik telah terjun langsung dikehidupan bermasyarakat.

“Saat ini tidak semua orang tahu dan terampil dalam pemulasaran jenazah sesuai dengan sariat Islam. Seandainya ada hanyalah orang-orang yang sudah tua. Maka penting sekali membekali generasi muda dengan pengetahuan dan ketrampilan tentang pemulasaran jenazah yang benar dan sesuai dengan sariat Islam,” tambahnya.

Kegiatan inipun diakhiri dengan praktek langsung pemulasaraan jenazah terutama pada cara mengkafani mayat secara baik dan benar sesuai pedoman syariat. (inf/ak)