MAN 2 Banjarnegara Tingkatkan SDM Jurnalistik

Banjarnegara – MAN 2 Banjarnegara mengirimkan Adityo Raharjo (guru) dalam Pelatihan Jurnalistik. Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara pada selasa (14/9). Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk optimalisasi publikasi di media digital. Bertempat di Aula Kemenag acara tersebut dibuka oleh Sumarna selaku Kasubbag TU dan diikuti tiga puluh lima peserta dari MIN, MAN dan MTS seluruh kabupaten.

Ahmad Khalwani selaku pemateri memulai kegiatan dengan tips dan cara membuat judul yang baik. “Silahkan Bapak Ibu membuat judul berita dengan tema bebas asalkan menarik,”perintahnya. Sontak perintahnya membuat suasana menjadi pecah. Bagi peserta yang sudah akrab dengan tulis menulis tentunya menganggap hal biasa sehingga mereka terlihat tenang dan yakin dengan judul yang dipersiapkan. Berbeda dengan peserta yang baru pertama kali mengikuti kegiatan seperti ini merasa kebingungan dan panik.

Setelah beberapa saat, Khalwani mulai menanyakan judul yang telah dibuat kepada satu persatu peserta. Hasilnya tidak mengecewakan bahkan beberapa sudah sangat memuaskan. Dia menambahkan dalam membuat judul harus menarik perhatian pembaca.

“Membuat judul harus punya kata kunci, usahakan kata kunci diletakkan di depan kalimat dan buat orang penasaran dengan judul yang Bapak Ibu buat,” sambungnya.

Materi keseluruhan dalam pelatihan tersebut adalah membuat judul berita dan tata penulisan isi berita yang baik dan benar. Di akhir kegiatan para peserta diberi tugas untuk membuat berita tentang kegiatan pelatihan jurnalistik dan diberi waktu maksimal lima hari untuk mengirimkannya ke Humas Kemenag.

Diharapkan melalui pelatihan jurnalistik ini peserta memahami tata cara menulis berita dengan baik dan benar. Selanjutnya dapat menulis berita tentang kegiatan di lingkungan madrasah masing masing paling tidak satu bulan satu berita. Sehingga dapat membantu Kemenag Banjarnegara di Kanwil Jateng dalam penilaian publikasi di media digital. (ar/ak)