Matsama MTs N 2 Banjarnegara Jauh Dari Perploncoan

Banjarnegara – Awal tahun pelajaran baru 2019/2020 telah dimulai. Seperti biasanya, pada awal masuk madrasah, khusus untuk peserta didik baru diadakan pengenalan/orientasi peserta didik. Dalam dunia Madrasah, hal tersebut dinamakan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA). Matsama ini bertujuan sebagai sarana perkenalan/ta’aruf bagi peserta didik baru seputar lingkungan madrasah yang menjadi tempat belajar barunya.

Senin (15/07), seperti biasa dilaksanakan kegiatan Upacara Bendera di MTs Negeri 2 Banjarnegara. Namun upacara bendera kali ini berbeda dengan biasanya, tampak ada peserta yang mengikuti upacara bendera dengan seragam SD/MI. Upacara bendera kali ini dilaksanakan bersamaan dengan pembukaan Matsama Tahun Pelajaran 2019/2020. Kepala MTs Negeri 2 Banjarnegara, Ridlo Pramono resmi  membuka kegiatan Matsama MTs Negeri 2 Banjarnegara dengan pengalungan tanda pengenal kepada peserta didik baru secara simbolis. “Kami mengucapkan selamat datang kepada peserta didik baru kelas VII, kalian adalah peserta didik terpilih yang bisa masuk ke madrasah ini, karena sebanyak 370 pendaftar yang diterima hanya 340 peserta didik, tak lupa kami juga mengapresiasi kelas VIII dan kelas IX karena telah naik ke jenjang yang lebih tinggi”. Ungkapnya

Matsama dilaksanakan selama 3 hari, yaitu 15 – 17 Juli 2019 dengan berbagai materi kegiatan diantaranya, Dinamika Kelompok, Wawasan Kemadrasahan, Tata Tertib Madrasah, Tata Cara Ibadah, Peraturan Baris-berbaris, Pengenalan Kurikulum, Bakat minat, dan untuk menumbuhkan jiwa sosial bagi peserta didik, dilaksanakan kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan di luar Madrasah, serta Bakti Sosial, yaitu pemberian sembako kepada masyarakat sekitar MTs Negeri 2 Banjarnegara. Antusiasme peserta Matsama kali ini terlihat begitu tinggi karena matsama didesain menggunakan metode pengenalan lingkungan, guru, kurikulum, juga pengenalan antar peserta didik dengan positif dan menyenangkan. Kegiatan ini jauh dari kesan kekerasan, hukuman bahkan perploncoan.

Pada hari pertama pelaksanaan Matsama, peserta didik membawa tanaman hias dengan berbagai jenis untuk diserahkan ke madrasah sebagai wujud rasa peduli lingkungan. Ini dimaksudkan karena pada tahun ini, MTs Negeri 2 Banjarnegara ditunjuk menjadi Madrasah Adiwiyata oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjarnegara.