Mimau Gelar Istighosah Dan Khatmil Qur’an Jelang Ujian Madrasah

Banjarnegara – Ujian Madrasah kali ini berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya dimana semua madrasah menyelenggarakan berbasis computer. Namun pembiasaan jelang Ujian Madrasah, dari MIMAU (MI Maarif Unggulan) mengistiqomahkan adanya Istighosah dan Khotmil Qur’an.

Istighosah adalah panjatan doa dengan tujuan memohon pertolongan Allah SWT ketika keadaan sukar dan sulit. Dengan istighosah, kita mengharapkan ridho dari Allah SWT supaya Allah mengijabah doa-doa kita semua. Kemarin, Selasa, 10/5 MIMAU Al Falah Joyokusumo menggelar kegiatan Istighosah dilanjutkan Khatmil Qur’an di Aula PP Salafiyah Al Falah Joyokusumo dari jam 08.00 sampai dengan pukul 10.30 WIB menjelang Ujian Madrasah yang akan dilaksanakan pada 11 -19 Mei 2022

Kegiatan Istighosah dilakukan oleh semua siswa kelas VI dan semua guru dengan penuh keikhlasan serta kekhusyukan, diawali Sambutan dan Pembinaan dari Kepala Madrasah. Di samping itu beliau memotivasi peserta didiknya untuk terus giat belajar dan selalu berdoa ditambah ibadah sunah lainnya.

“Harapan saya, kegiatan Istighosah dan Khataman nanti, kita banyak mengingat Allah di samping hati kita tenang, apalagi jelang Ujian Madrasah ini pasti kita semua memohon pertolongan Allah agar diberikan kelancaran dan kemudahan dari Allah SWT”. ungkap Wahyul, Kepala Madrasah

Guru membagikan materi istighosah kepada semua siswa kelas VI dan dibaca bersama – sama. Dalam istighosah ini, yang dibaca adalah Istighosah Nahdiyah yang dipimpin oleh Ustaz Misdal. Setelah selesai Istighosah dilanjutkan tadarus 30 juz yang dibaca oleh guru dan siswa. Setiap siswa dan guru membaca satu juz.

Kegiatan selesai ditutup dengan Doa Khatmil Quran oleh Kepala Madrasah dilanjutkan berbaris berjajar untuk meminta maaf / sungkem ke semua guru dan semua mendoakan. Suasana haru mengiringi acara tersebut.

“Semoga kalian diberikan kemudahan, jangan lupa selalu dijaga Shalat 5 waktunya syukur ditambah amalan sunah. Yakinlah Allah akan menolong kalian semuanya. Jadilah kalian anak – anak yang Sholih / ah berbakti pada kedua orang tua. Jangan lupa pula doakan bapak ibu guru kalian, semoga keberkahan ilmu selalu ada pada kalian” pesan dan doa Kepala Madrasah saat siswa – siswinya minta maaf dan sungkeman. (wk)

Bagikan :
Translate »