MIMAU, Khatam Al Quran Sebulan Dengan Program ODOJ

Banjarnegara – MI Maarif Al Falah Joyokusumo atau lebih akrabnya dengan sebutan MIMAU selalu berusaha berinovasi dalam berbagai kegiatan madrasah. Di bulan yang penuh berkah ini, MIMAU menggelar rangkaian kegiatan Ramadhan diantaranya dengan “Program khotam Al Qur’an One Day One Juz / ODOJ”.

Program tersebut sebelumnya sering pula dilaksanakan menjelang kegiatan – kegiatan madrasah. Sebagai kepala madrasah, Wahyul Khomisah menyampaikan pada semua guru serta siswa yang saat ini Qiraatinya sudah sampai kelas Al Qur’an untuk merutinkan tadarusnya setiap hari, dan di bulan Ramadhan ini diberi target sehari satu juz.

“Tidak berat dilakukan, manakala tadarus Al Qur’an satu hari satu juz dibaca secara bertahap. Caranya setiap sebelum sholat tadarus hanya selembar, atau 2 halaman saja dan setelah selesai sholat wajib juga satu lembar. Jadi nanti genap 30 hari, akan mendapat 30 Juz atau Khotam Al Qur’an” jelas Wahyul pada saat memberikan tips khotam Al Qur’an Sebulan di masjid Baitul Falah kepada guru & siswa. (10/4)

“Tadarus Al Qur’an ini tidak hanya diikuti siswa saja namun guru, walimurid juga keluarga madrasah. Kegiatan tersebut dilaksanakan dirumahnya masing – masing bersama keluarga, dimulai sejak tanggal 1 sampai 30 Ramadhan. Adapun siswa yang sudah lulus IMTAS ataupun IMTAH tadarus dilakukan di madrasah juga bersama guru tahfizh. Setelah siswa – siswa selesai tadarusnya melalui grup whatsapp kelasnya, mereka menuliskan cheklist sebagai bentuk laporan,” tambahnya.

Salah satu walimurid menyampaikan apresiasi terhadap program ini. “saya sangat senang dan bersyukur, anak saya yang biasanya tadarus sehari jarang sampai satu juz, dengan diadakan program ini anak saya jadi mengurangi nonton TV ataupun bermain HP karena ditarget selesai satu juz sehari,” kata Dewi walimurid dari ananda Meitsa kelas VI.

Harapan kepala madrasah tadarus satu juz tiap harinya bisa istiqomah karena demi menjaga bacaan yang diajarkan guru – guru. Dalam hadits riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi dikatakan bahwa Surga itu merindukan empat golongan manusia, yaitu orang yang gemar membaca Al-quran, orang yang memelihara lisan dari ucapan keji dan munkar, orang yang memberi makan kepada orang yang kelaparan, dan orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadan.

Dari situlah yang menjadi dasar pula MIMA Al Falah Joyokusumo mengadakan program ODOJ tersebut. Orang yang gemar membaca Al-quran (Taalil Qur’an) hampir setiap waktu dan kesempatan lisannya senantiasa digunakan untuk membaca Al Qur’an. Disamping itu, orang yang rajin membaca Al-quran, akan memperoleh ketenangan dalam hatinya. (wk/ak)