Penyuluh Islam Distribusikan Bantuan Al-Quran Ke Masjid-Masjid Terjauh Di Kecamatan Karangkobar

Banjarnegara – Penyuluh Agama Islam Non PNS (PAINO) beserta Penyuluh Agama Islam Fungsional(PAIF) Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Karangkobar mendistribusikan bantuan Al-Qur’an dari Baznas Kabupaten Banjarnegara kepada 39 masjid pada 13 Desa di Kecamatan Karangkobar, Senin (03/05).

Pasuruhan adalah salah satu Desa terjauh di kecamatan Karangkobar. Untuk menuju kesana harus melewati jalan kira-kira sejauh 17 km dari kota kecamatan. Tidak hanya jauh dari kota kecamatan tapi jalan yang dilalui ini juga sangat sulit terlebih untuk orang-orang yang tidak terbiasa. Ada 2 dusun yang jalan penghubung antara dusun tersebut sangat sulit, yaitu Dusun Sudikampir dan Dusun Sokawera. Tanjakan tinggi juga terjal ini bisa dilalui meskipun dengan susah payah.

Adib dan Zuhri, Penyuluh Agama Islam Non PNS yang mendistribusikan ke Desa Pasuruhan. Dengan mengendarai sepeda motor, mereka berboncengan membawa serta paket Al-Quran. Adib menuturkan, “meskipun jalan tanjakannya sudah dibeton, dan bisa dilalui walaupun susah. Tiba-tiba motor gak bisa jalan, gak kuat. Akhirnya saya turun jalan kaki, 3 kali tanjakan terjal  saya harus turun jalan kaki,” tuturnya.

“Sebenarnya bisa lewat jalan yang dekat tapi terjal dan sulit dilalui atau putar balik lebih jauh lagi untuk menuju dusun sebelah. Selain jalan terjal juga ada jalan yang becek, licin jadi tambah 2 kali saya harusr turun jalan kaki,” tambahnya.

M. Latief Al Ansori selaku Imam masjid Al Munawaroh dusun Sudikampir desa Pasuruhan, salah satu penerima bantuan Al-Qur’an dari Baznas sangat berterimakasih. “Kebetulan Masjid kami  memang butuh Al-Quran, kami sangat berterimakasih kepada Baznas kabupaten Banjarnegara, serta Penyuluh Agama, Sudah jauh-jauh datang kesini untuk menyalurkan Al-Quran ini semoga menjadi amal ibadah dan berkah untuk panjenengan semua. Aamiin,” katanya.

“Terimakasih juga ada sarungnya, tapi cuma satu ya, padahal imamnya ada beberapa. Jadi kami pilih yang paling aktif dan membutuhkan nanti kami kirim langsung kerumah nya,” tambahnya dengan nada bercanda.

Bantuan dari Baznas Kabupaten Banjarnegara ini berupa Al-Quran, yang mana satu paket berisi 5 buah Al-Quran dan 1 sarung untuk imam masjid. Tiap desa mendapatkan 3 paket untuk 3 masjid. Kami penyuluh Agama berharap semoga bantuan ini bermanfaat dan bisa meningkatkan kecinta pada Al-Qur’an dan mengamalkan terlebih disaat bulan Ramadhan ini. (dr/ak)