Pesan Khuriyah, Jadikan Kegiatan DWP yang Kreatif dan Kontributif

Banjarnegara – Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara melakukan pertemuan rutin bulanan dengan agenda sosialiasai program kerja tahun 2021 dan isian kegiatan bulanan. Adapun kegiatan pertemuan ini dilakukan di aula kementerian Agama Kabupaten banjarnegara dan diikuti sekitar 40 anggota DWP Kankemenag Banjarnegara. (9/3)

Dalam sambutannya, ketua DWP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, Khuriyah menyatakan bahwa sosialisi program kerja kepada anggota ini sangat penting. “Saya berharap kegiatan pertemuan DWP tidak hanya dilakukan sebagai rutinitas yang membosankan, yaitu dengan datang dan duduk-duduk saja, akan tetapi dengan adanya program kerja DWP ini bisa meningkatkan kompetensi dalam berorganisasi serta meningkatkan kontribusi kita untuk kemajuan Kementerian Agama”.

Beliau juga menyatakan bahwa dalam kepengurusan DWP Kemenag Kabupaten Banjarnegara ini ada empat bidang yaitu Pendidikan, Ekonomi, sosial budaya dan humas. “Alhamdulillah semua bidang telah menyusun program kerja dengan baik, dan saya harapkan setiap ketua bidang bisa bertanggung jawab akan program-program yang telah direncanakan,” himbaunya

Adapun program kerja bidang bidang Pendidikan di antaranya mengadakan pelatihan-pelatihan yang bertujuan meningkatkan kemampuan anggota dalma berbagai bidang, mengikuti pelatihan yang diadakan oleh DWP kabupaten maupun Instansi terkait, membuat daftar kebutuhan peningkatan SDM RA PErwanida, pembinaan dan pelatihan guru RA, memberikan santunan Pendidikan, memberikan bantuan administrasi RA perwanida serta memberikan kesra bagi guru RA.

Program kerja bidang ekonomi di antaranya mengadakan bazar dan bazar Ramadhan yang bertujuan meningkatkan kreativitas anggota dalam bidang wirausaha. Program Kerja bidang sosial-keagamaan di antaranya menghimpun dana sosial untuk kegiatan sosial bagi anggota DWP dan Perwanida, mengadakan kegiatan Mukena Bersih berupa mencuci mukena kotor dan memberi mukena keoada musholla atau masjid terdekat, mengadakan kunjungan kepada anggota dan pengurus serta memberikan santunan yatim piatu dan duafa. Sementara untuk bidang humas di antaranya yaitu mengadakan pelatihan jurnalistik dan mempublikasikan kegiatan dharma wanita melalui media sosial.

Pada Pertemuan DWP bulan Maret ini juga diisi dengan kegiatan menulis yang dipandu oleh Ibu Lilis Mushobihin. “Kegiatan menulis merupakan kegiatan yang paling menyenangkan karena mampu menampung semua isi hati baik senang, sedih, gembira, benci, sebal, dan isi hati lainnya tanpa harus bercerita kepada orang lain”, Jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bu Lilis meminta peserta untuk menulis tentang apapun dengan menggunakan bahasa Jawa khas Banjarnegara. Peserta terlihat sangat antusias menulis tentang uneg-uneg, cerita tentang kehidupannya hari ini, dan banyak hal lainnya.  Untuk tulisan terbaik akan memperoleh hadiah yang diumumkan pada pertemuan DWP bulan berikutnya. (ak)