Prestasi baru menanti Peserta Didik Baru MAN 2 Banjarnegara

Banjarnegara – Dalam rangka menyambut kehadiran peserta didik baru MAN 2 Banjarnegara Tahun Pelajaran 2019/ 2020 maka diselenggarakan kegiatan Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) tahun 2019. Berupa kegiatan pengenalan terhadap lingkungan madrasah beserta para guru dan tenaga kependidikan serta kakak kelas dan juga sesama peserta didik baru.

Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter disiplin, tanggungjawab, kerja keras dan gotong royong serta bekerjasama sehingga mampu menjadi pribadi yang mandiri, lebih meningkat kedewasaannya dibanding ketika masih duduk di SMP/MTs.  MATSAMA diselenggarakan selama 4 hari (15-18/07) bertempat di aula  dan halaman indoor MAN 2 dan di lapangan kelurahan Wangon.

Kegiatan ini diawali dengan upacara pembukaan sekaligus penyematan tanda peserta Matsama kepada perwakilan siswa baru oleh Kepala MAN 2 Banjarnegara, Imam Sayoga

Dalam sambutannya, Kamad menyampaikan selamat datang kepada para peserta didik baru menjadi keluarga besar MAN 2 Banjarnegara. Dengan motto madrasahnya para juara, dalam satu tahun kemaren telah menyabet kurang lebih 160 kejuaraan bidang akademik dan non akademik olah raga dan seni  baik di tingkat kabupaten, karesidenan, propinsi ataupun tingkat nasional. “Kepada peserta didik baru, kehadirannya diharapkan bisa meneruskan, melanjutkan dan meningkatkan  prestasi kakak kelasnya,” ucapnya.

Tahun ini MAN 2 Banjarnegara menerima 525 peserta didik baru. Jumlah ini merupakan yang terbesar di tingkat sekolah umum dan madrasah aliyah di Banjarnegara, tentunya siswa madrasah diharap mampu menunjukkan dan meningkatkan prestasinya baik di bidang akademik mapun non akademik, pada even even olimpiade sains, kompetisi sains madrasah, POPDA, kejurda dan kejurnas serta even yang diselenggarakan Perguruan Tinggi.

“Atas prestasi yang telah diraih pihak madrasah juga terus meningkatkan penghargaan kepada peserta didik berprestasi tersebut, seperti beasiswa pendidikan dan bonus”, ucapnya.

Matsama tahun ini bertema, “Mencetak generasi berjuara yang berakhlak mulia”. Diharapkan melalui kegiatan para peserta didik baru memiliki mental untuk selalu berprestasi  dan mendapatkan kejuaraan baik bidang akademik, non akademik,  juga mental akhlak yang mulia. Mengingat perlunya akhlakul karimah sebagai penyangga prestasi dan karakter para siswa MAN  2 Banjarnegara

Imam Heri selaku panitia Matsama menginformaiskan bahwa peserta didik baru mendapatkan berbagai materi dari beberapa narasumber seperti Jajaran struktural lembaga Madrasah, psikolog RSUD Banjarnegara, Polri, Dinas Perhubungan dan dari TNI. Tidak ketinggalan panitia juga menyiapkan tenaga pertolongan pertama dari PMI Banjarnegara.

Acara Matsama berahir pada hari kamis (18/7) dengan penutupan berupa acara inagurasi, para peserta didik berkesempatan menampilkan bakat seninya masing masing, tukasnya (Bowo/Mnh)