Antusiasme Warga Madtsansabara Ber

MTs N 1 Banjarnegara, Tak seperti biasanya, Jum'at, 26 Juli 2019 seluruh warga MTs Negeri 1 Banjarnegara (Madtsansabara) memakai pakaian olahraga. Mereka berkumpul di lapangan basket setelah melakukan sholat dzuha di Masjid Darul 'Ilmi Madtsansabara. Diiringi dengan musik dari pengeras suara, seluruh peserta bersemangat mengikuti senam massal yang pandu oleh beberapa pengurus OSIM. Nurwachidin S, selaku waka kesiswaan menjelaskan bahwa hal ini selain untuk melatih kepercayaan diri anak juga mengasah bakat kepemimpinan mereka.

Haniyah, salah satu pemandu senam merasa senang mendapat tugas kali ini. “Hari ini kita akan melakukan tiga jenis senam, yaitu senam pramuka, senam pinguin dan sebagai penutup adalah senam kewer-kewer,” katanya sambil tersenyum.

“Jum'at Sehat yang diisi dengan senam massal ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan ketrampilan, serta menanamkan nilai mental spiritual warga madtsansabara,” ujar Kepala Madrasah,  Moh Zaenal usai mengikuti senam massal tersebut. Hal ini sesuai dengan pepatah Arab yang berbunyi: “Al aqlu salim fil jismi salim” yang memiliki arti “akal yang sehat terdapat pada tubuh yang sehat”  yang menjadi salah satu dasar program ini. Disadari oleh Madtsansabara, seiring majunya teknologi, banyak fasilitas yang menawarkan kepada seseorang untuk tidak banyak melakukan aktivitas fisik. Hal ini menyebabkan rendahnya tingkat kebugaran jasmani seseorang.

Kegiatan senam ini dimulai pada pukul 07.00 dan berakhir pada pukul 07.30,  dilanjutkan dengan pembelajaran seperti biasa. Rencananya, “Jum'at Sehat” akan diadakan secara rutin sehingga tujuan yang dimaksud akan tercapai.(Agyun)