Ridhatun Mahfiroh: Meraih Rahmat dan Ampunan di Bulan Ramadhan

Banjarnegara-Ramadhan memiliki sejumlah keutamaan yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan pada umumnya. Oleh sebab itu, di bulan penuh anugerah ini, Ridhatun Mahfiroh siswi Mts N 1 Banjarnegara memberikan sebuah kultum yang disampaikan di masjid Darul Ulum MTs N 1 Banjarnegara pada Sabtu, (16/4/22).

“Jangan sampai kita yang masih diberi nikmat umur panjang dan kesehatan untuk berjumpa bulan idaman ini, menyia-nyiakan begitu saja segala fadhilah yang terdapat di dalamnya.” terang Ridha.

Menurutnya, di bulan ramadhan yang penuh berkah ini, banyak orang-orang berlomba melaksanakan anjuran-anjuran ibadah di dalamnya, mulai dari shalat tarawih yang terlihat padat di mushola dan masjid-masjid, tadarus Al-Qur’an yang terdengar dari masjid dan surau di hampir setiap sudut kota dan desa, sedekah takjil yang biasanya banyak dijumpai di masjid-masjid pinggir jalan, dan lain sebagainya.

Ridha pun menambahkan bahwa semua itu dilakukan untuk meraih keutamaan bulan suci ini.   Termasuk keutamaan itu adalah tiga kado istimewa bulan suci Ramadhan, yaitu rahmat (kasih sayang Allah), ampunan (maghfirah), dan masuk ke surga-Nya (terbebas dari api neraka).

“Sebagaimana Rasulullah saw bersabda dalam salah satu haditsnya: ‘Awal Bulan Ramadhan adalah rahmat, pertengahannya ampunan, dan akhirnya pembebasan dari api neraka.’ (Ibnu Khuzaimah)” ungkap Ridha menjelaskan.

Ramadhan sebagai bulan rahmat, maka bagi setiap manusia mendapat rahmat atau kasih sayang Allah merupakan sesuatu yang sangat penting dan sebisa mungkin seorang umat muslim meraihnya. Sebab, menurut  Ridhatun Mahfiroh peran rahmat Allah sangat besar bagi seorang hamba di akhirat kelak. (ran/ak)

Bagikan :
Translate »