Sambut Idul Fitri, Peserta Ekstrakurikuler TABUS Tuntaskan Target

Banjarnegara- Siang ini, Kamis (6/5) masing-masing peserta ekstrakurikuler Tata Busana MAN 1 Banjarnegara menuntaskan target dengan merampungkan satu gaun yang mereka garap di bulan ramadhan ini, harapan bersama dari para peserta adalah bisa mengenakan baju lebaran dari hasil tangan sendiri.

Ekstrakurikuler tata busana terjadwal tiga kali dalam satu pekan, yaitu hari selasa, kamis dan jumat pukul satu siang, kegiatan ekstra ini  berjalan lancar sesuai target di bulan ramadhan sehingga mampu menghasilkan produk untuk lebaran.

Dengan ketrampilan merancang dan menjahit pakaian membekali peserta didik menjadi lebih mandiri, tidak perlu tergantung pada siapa pun, baik para penjahit baju atau baju-baju yang dijual di pusat perbelanjaan. Selain itu juga ada perasaan puas saat mengenakan baju buatan sendiri.

“Alhamdulillah, target yang diharapkan di bulan ramadhan ini berjalan sesuai yang diharapkan, saya bisa membersamai anak-anak, hingga mereka menyelesaikan target yaitu membuat baju lebaran” tutur Ita Soekarno  selaku pengampu ekstrakurikuler tata busana.

Peminat tata busana di MAN 1 Banjarnegara semakin meningkat, sejauh ini peserta keseluruhan adalah anak putri hal ini sangat bermanfaat sebagai bekal untuk dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, mengingat semakin hari permintaan masyarakat semakin besar terhadap pembuatan pakaian, maka potensi bisnis dari ketrampilan ini pun akan semakin diminati.

Dalam ekstrakulikuler ini peserta didik dibekali secara lengkap mulai dari pengenalan alat, bahan, cara mengukur, cara mendisain aneka macam jenis pakaian, cara memotong, cara menjahit sampai pada finishing hingga menghasilkan aneka produk jadi yang siap pakai.

“Memasuki bulan ramadhan saya makin semangat mengikuti ekstra tata busana karena ada target yang saya kejar, sampai saat ini proses pembuatan baju saya hampir selesai tinggal finishing saja” tutur Karina salah satu peserta ekstra tata busana . (lan/mnh)