Sambut Ramadhan, MIM Karangtengah Adakan Program Parade Dai

Banjarnegara – Ramadhan Tahun 1442 H ini, Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Karangtengah mengadakan program khusus selama bulan Ramadhan yang diberi nama Parade Dai. Isi dari program ini adalah berupa ceramah keagamaan yang akan dibawakan peserta didik setiap harinya selama bulan Ramadhan. Kegiatan ini akan dipublikasikan setiap hari melalui Chanel Youtube dan akun Facebook, MIM karangtengah.

Bakhron Sodik selaku humas MIM Karangtengah menjelaskan bahwa Parade Dai merupakan salah satu program madrasah yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam bidang dakwah, selain itu juga sebagai  sarana syiar kepada masyarakat.

“Program ini bertujuan memberikan kesempatan peserta didik untuk bisa lebih eksis, disamping itu juga sebagai sarana syiar kepada masyarakat. Kebetulan Ramadhan tahun ini bersamaan dengan waktu pendaftaran peserta didik baru,” jelasnya pada Selasa (13/4).

“Untuk mensukseskan program ini telah dilaksanakan persiapan secara matang. Setiap wali kelas mempersiapkan 3 peserta didik dikelasnya untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan melakukan seleksi. Ini juga tantangan bagi wali kelas untuk bisa melakukan penilain terhadap bakat yang dimiliki oleh peserta didiknya. Dalam proses seleksi naskah disiapkan oleh wali kelas, dan proses penilainya dilakukan secara daring. Setiap peserta didik menampilkan kemampuan berceramah mereka melalui video rekaman yang dikirimkan kepada wali kelas untuk dilakukan penilaian. Tiga peserta terbaik nantinya akan mewakili kelasnya dalam kegiatan Parade Dai,” ungkapnya.

Siti Isroiyah selaku penanggung jawab kegiatan menjelaskan, persiapan  sudah mencapai 80 persen. Semua guru sudah mengumpulkan naskah teks. Saat ini naskah sedang dilakukan proses editing oleh tim. Untuk pelaksanaan peserta didik yang akan mengikuti parade dai ini akan diberi  naskah rekaman yang digunakan peserta didik dibuat oleh guru. Setiap guru berkewajiban membuat tiga materi. Pelakasanaan rekaman video dilaksanakan di madrasah. Setiap harinya akan dilakukan 3 kali rekaman.

“Untuk pelaksanaanrekaman, kita lakukan 3 kali sehari, sehingga di sepuluh  hari pertama  bulan Ramadhan, semua telah terekam,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Madrasah, Urip Hidayati berharap kegitan ini bisa berjalan lancar sesuai dengan rencana. Beliau mengatakan semua guru untuk   bekerjasama dengan maksimal demi suksenya kegiatan ini.

“Saya berharap semua guru bisa bekerjasama dengan baik dan juga kompak. Saya yakin dengan kerjasama yang baik kegiatan ini bisa berjalan dengan sukses,” pungkasnya. (bs/ak)