Kakankemenag Lakukan Monitoring, MAN 2 Banjarnegara Sukses Gelar UM Daring

Banjarnegara – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Banjarnegara, Agus Suryo Suripto melakukan monitoring pelaksanaan UM (Ujian Madrasah) daring MAN 2 Banjarnegara di laboratorium komputer. (9/4)

Pelaksanaan UM yang semula direncanakan tatap muka terbatas pada tanggal 3 hingga 10 April akhirnya diganti secara daring karena adanya kegiatan uji coba PTM tahap pertama kelas X dan XI, namun waktunya tetap sama.

Dalam pelaksanan monitoring tersebut, Agus Suryo Suripto menyampaikan apresiasi atas kerja keras dan kesigapan madrasah dalam menyelenggarakan kegiatan UM meskipun sempat terjadi perubahan, sehingga tetap berjalan lancar tanpa halangan yang berarti.

“Terima kasih untuk Bapak Ibu yang sudah menyukseskan UM secara daring ini dengan berbagai dinamika yang ada dan mencarikan solusi yang tepat atas permasalahan yang muncul. Semoga pelaksanaan UM sampai hari terakhir dapat berjalan lancar dan sukses,” jelasnya.

Ridlo Pramono selaku Kepala Madrasah juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga madrasah yang telah mendukung jalannya UM daring ini. “Saya bangga atas kinerja Proktor, Tim IT (Information and Technology) dan semua pihak terkait yang tersistem dengan baik sehingga pelaksanaannya berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Berbagai persiapan tentunya sudah dilakukan oleh madrasah dalam menghadapi kemungkinan-kemungkinan masalah yang timbul selama proses pelaksanaan. Kendala jaringan, ketersediaan kuota internet, dan perangkat akses internet menjadi hal yang wajar ditemui pada setiap kegiatan berbasis daring termasuk pada kegiatan UM ini.

Wakil Kepala Madrasah Bidang Akademik, Natir menjelaskan bahwa madrasah sudah sepenuhnya siap dengan berbagai kendala yang mungkin muncul. “Kami memberikan fasilitas paket kuota internet gratis untuk siswa demi mendukung lancarnya kegiatan UM daring ini. Selain itu, jika masih terdapat kendala jaringan kami juga menyediakan Wi-Fi gratis di gedung utara yang bisa diakses oleh peserta UM,” ungkapnya.

Sementara, Sugiyanto selaku Proktor sekaligus sekretaris UM daring ini menyebutkan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan dengan baik. “Alhamdulillah terpantau lancar. UM daring ini ada sisi positifnya yaitu secara administrasi dan rekapitulasi nilai secara otomatis lebih mudah, meskipun pada sisi yang lainnya pemantauan kurang maksimal karena tidak secara langsung seperti kegiatan tatap muka,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Lili Maenani yang bertugas sebagai Proktor, bahwa pelaksanaan UM berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. Beberapa permasalahan yang muncul juga segera dicarikan solusi. “Semua peserta sejumlah 551 sudah login untuk mengerjakan soal UM. Kemarin memang ada beberapa peserta yang izin karena sakit tapi bukan karena Covid-19 ya, dan nanti kita jadwalkan UM susulan. Adapun yang terkendala tidak bisa mengupload jawaban essay kita izinkan mengirim via WhatsApp ke Proktor masing-masing,” pungkasnya. (ta/ak)