Penyuluh Agama Islam Support Kegiatan Simaan Al Quran

Banjarnegara – Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Karangkobar, Duwi Rohmah menghadiri acara Haul Masal dan Simaan Al-Quran di Masjid Al-Ikhlas Dusun Bolang Desa Slatri, (8/04).

Acara Haul masal yang digelar pada bulan Sya’ban (ruwah) ini diisi dengan serangkaian kegiatan. Kegiatan ini meliputi  bersih-bersih makam (nyadran), haul masal, Simaan Al-Quran bil ghaib oleh para hafidzoh, tadarus Al-Quran, dan ditutup dengan pengajian umum dan doa bersama.

Simaan Al Qur’an bil ghaib ini berlangsung sejak pagi  oleh 3 hafidzoh yaitu dua orang dari warga Slatri dan satu orang mendatangkan dari kecamatan Madukara. Adapun yang hadir dalam acara haul masal dan simaan Al-Quran ini yaitu perangkat Desa, pengurus TPQ, Pengurus Majelis Taklim, Penyuluh Agama, Santri TPQ serta warga dusun Bolang desa Slatri.

Sumarno selaku ketua Panitia penyelenggara menyampaikan, bahwa kegiatan haul masal dan simaan Al-Quran ini bertujuan untuk mensyiarkan Al Quran, mendorong masyarakat untuk lebih semangat belajar Al Qur’an. Dan juga untuk mendoakan para pendahulu yang telah memberikan bayak jasa kepada kita.

“ Simaan Al-Quran ini selain sebagai syiar, juga untuk mendorong masyarakat peduli dengan kegiatan yang positif, dan dengan Al Qur’anpasti hidup akan selamat terlebih kehidupan di alam akhirat,” terangnya.

Dalam kesempatan ini Duwi Rohmah, selaku PAIF (Penyuluh Agama Islam Fungsioanl) KUA kecamatan Karangkobar) menyampaikan dukungannya atas terselenggaranya kegiatan simaan Al Qur’an ini.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini. Selain untuk memakmurkan dan meramaikan masjid, saya berharap kegiatan sima’an ini dapat menciptakan generasi cinta Al-Quran. Semoga kebaikan dari semua pihak yang telah mendukung demi terlaksananya acara ini dibalas Allah SWT dengan pahala berlipat ganda. Dan semoga acara ini memberikan manfaat dan keberkahan bagi masyarakat dusun Bolang khususnya dan wilayah Slatri Karangkobar,” harapnnya.

Sebagai penutup kegiatan, diadakan pengajian umum dan doa bersama untuk keselamatan bangsa Indonesia. (dw/ak)